Breaking News:

Dekopin Jabar Bertemu Kadin Jabar, Kolaborasi Program Kembangkan Koperasi di Jawa Barat

Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Wilayah Jawa Barat melakukan kolaborasi bersama Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Jawa Barat.

Tribunjabar.id/Cipta Permana
Suasana pertemuan antara Ketua Dekopinwil Jabar, Nurodi dan Kadin Jabar kolaborasi bersama Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Jawa Barat dalam rangka membahas sinergitas program dan pengembangan gerakan koperasi Jawa Barat di Kantor Kadin Jabar, Kota Bandung, Rabu (25/11/2020). 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Wilayah Jawa Barat melakukan kolaborasi bersama Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Jawa Barat dalam rangka sinergitas program dan pengembangan gerakan koperasi di Jawa Barat. 

Dalam pertemuan antara dua lembaga itu, juga dilakukan pertukaran data dan informasi, fasilitasi kemitraan peningkatan kapasitas pelaku usaha koperasi.

Ketua Dekopinwil Jabar, Nurodi mengatakan, langkah ini sebagai landasan para pihak dalam rangka peningkatan kerja sama dan penguatan mutu koperasi, serta meningkatkan kualitas para pelaku UMKM dan koperasi di Jawa Barat.

"Langkah ini merupakan sebuah upaya membangun sinergitas guna meningkatkan mutu koperasi dan mensejahterakan para pelaku usaha koperasi. Oleh karenanya kami akan menyediakan data dan informasi terkait profil koperasi yang berpotensi untuk  pengembangan gerakan koperasi di Jabar," ujarnya saat bertemu dengan pengusaha muda, Agung Suryamal bersama jajaran dari kedua belah pihak, di Kantor Kadin Jabar, Kota Bandung, Rabu (25/11/2020) 

Baca juga: Sule Jujur Masih Belum Bisa Menerima Sifat Buruk Nathalie Holscher, Sudah Menikah tapi Masih Meledak

Baca juga: Beda Reaksi Jokowi dan Prabowo Atas Ditangkapnya Edhy Prabowo, Jokowi Singgung Soal Kinerja KPK

Agung menuturkan, dengan terbangunnya jalinan kerja sama tersebut, akan memberikan akses dukungan peluang ekonomi yang lebih luas kepada koperasi di Jawa Barat, terutama saat ini untuk koperasi yang sudah berbasis digital agar mereka dapat terus bertahan di masa pandemi covid 19. 

"Saat ini karena pandemi Covid-19 ada hikmah yang diperoleh yaitu, bergeliatnya aktivitas digital dalam berbagai aspek kehidupan, temasuk juga dalam pengelolaan koperasi. Hal ini akan dan harus didukung agar para pelaku koperasi ini bisa terus bertahan dan berkarya di masa sekarang ini," ucapnya.

Sementara itu, Agung Suryamal menjelaskan, selaku bagian dari Kadin Jabar pihaknya berkomitmen penuh dalam mendukung gerakan koperasi guna mewujudkan pengembangan pembinaan usaha koperasi dan sumber daya ekonomi Jawa Barat. 

Wujud kerja sama yang akan dilakukan antara Kadin dan Dekopin tersebut, misalnya memberi pelatihan untuk meningkatkan keterampilan kepada pelaku usaha koperasi ke dalam ekosistem digital untuk mempercepat transformasi pemulihan ekonomi Jawa Barat.

"Melalui kerjasama ini, kami mendorong pelaku koperasi untuk menciptakan perluasan kerja sama dalam mengembangkan bisnis, menjadi sebuah prioritas utama," katanya. (Cipta Permana).

Penulis: Cipta Permana
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved