Breaking News:

Catat Transaksi Tertinggi di Indonesia, E-Commerce Berperan dalam Pemulihan Ekonomi di Jawa Barat

Pandemi Covid-19 ternyata meningkatkan aktivitas perdagangan secara online atau e-commerce dengan signifikan.

Reuters
ILUSTRASI e-commerce 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pandemi Covid-19 ternyata meningkatkan aktivitas perdagangan secara online atau e-commerce dengan signifikan. Jawa Barat pun akhirnya menjadi provinsi paling aktif di bidang e-commerce.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Barat, Dyah Anugrah Kuswardani, menyampaikan bahwa kondisi ekonomi Jawa Barat triwulan III tahun 2020 secara year on year masih mengalami kontraksi sebesar 4,08 persen. 

"Kondisi pandemi telah memaksa kita semua untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru yang justru membangkitkan aktivitas informasi dan komunikasi tumbuh tinggi. Aktivitas masyarakat banyak yang beralih ke aktivitas online dan aktivitas e-commerce pun berkembang pesat," katanya dalam sebuah webinar dengan tema “Resiliensi Ekonomi di Tengah Pandemi, Menatap Peluang E-Commerce Jawa Barat”, Selasa (17/11/2020).

Aktivitas transaksi e-commerce di Jawa Barat, katanya, merupakan yang tertinggi di Indonesia dan sebagian besar pelaku usahanya adalah UMK.

Baca juga: Beradegan Mesra dengan Arya Saloka, Amanda Manopo Tak Nyaman, Malah Kasihan pada Lawan Main

Di Tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini, ujarnya, e-commerce berperan dalam pemulihan ekonomi di Jawa Barat.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik, Setianto, menyampaikan terkait teknologi informasi yang menjadi tumpuan di masa pandemi.

Tren ICT Development Index (Indeks Pembangunan TIK) Indonesia mengalami peningkatan dalam kurun waktu 2015-2018. 

"Pemanfaatan TIK khususnya di Jawa Barat melalui aktivitas e-commerce diharapkan semakin meningkat dan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi," katanya.

Ketua Harian Komisi Pemulihan Ekonomi Daerah Provinsi Jawa Barat, Ipong Witono, dalam kesempatan itu mengulas strategi pemulihan ekonomi daerah Jawa Barat di tengah pandemi. 

Halaman
12
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Giri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved