Breaking News:

Forkodetada Desak Pemprov Buat Kajian Akademis CDOB, Sayang Jika Pemekaran Hanya Sebatas Visi

Forkodetada Jawa Barat yang tengah memperjuangkan pemekaran sembilan CDOB di Jawa Barat, berharap Pemprov Jabar jadikan mereka mitra.

Istimewa/jabarprov.go.id
Peta Jawa Barat 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Forum Koordinasi Desain Penataan Daerah (Forkodetada) Jawa Barat yang tengah memperjuangkan pemekaran sembilan calon daerah otonomi baru (CDOB) di Jawa Barat, berharap Pemerintah Provinsi Jawa Barat menjadikan mereka sebagai mitra sekaligus pelaksana teknis dalam memekarkan sembilan CDOB.

Adapun sembilan CDOB yang diajukan Forkodetada Jabar adalah Kota Lembang, Kabupaten Cikampek, Kabupaten Bandung Timur, Kabupaten Garut Utara, Kabupaten Indramayu Barat, Kabupaten Subang Utara, Kabupaten Bekasi Utara, Kabupaten Cianjur Selatan, dan Kabupaten Cirebon Timur.

Ketua Umum Forkodetada Jabar, Holil Aksan Umarzen, mengatakan, selama ini Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum memiliki visi yang tegas dalam pemekaran CDOB. Sampai-sampai dibentuklah Desk CDOB di Pemprov Jabar.

Namun seiring berjalannya waktu, katanya, hubungan antara Pemprov Jabar dengan para pejuang sembilan CDOB di Jabar di lapangan belum terjalin efektif.

Kedua pihak ini masih berjalan masing-masing, padahal satu di antara visi Gubernur Jabar sangat jelas, yakni memekarkan wilayah dengan pembentukan sejumlah CDOB di Jabar dan hal ini membutuhkan kolaborasi yang tidak sederhana.

"Jangan sampai pemekaran ini menjadi visi gubernur saja. Wacana ini selalu disambut baik oleh masyarakat luas. Sayang kalau hanya sebatas visi. Kalaupun ada Desk CDOB di Pemprov Jabar, ini belum sampai ke tingkat bawah. Makanya kami mengajukan diri sebagai mitra strategis untuk mewujudkan visi tersebut. Titik temu antara visi gubernur dengan orang lapangannya," kata Holil di Bandung, Kamis (5/11/2020).

Holil berharap dengan adanya forum yang beranggotakan para ketua CDOB ini, diharapkan tercipta perencanaan, timeline, atau roadmap, yang lebih terukur supaya upaya pemekaran ini berjalan efektif.

Terpenting, katanya, keselarasan langkah antara Pemprov Jabar dan para pejuang CDOB ini sampai pemekarannya terwujud.

Dari sembilan CDOB yang kesemuanya sedang sangat serius manjalani berbagai tahapan administrasi, kata Holil, lima CDOB di antaranya sudah mendapat tanda tangan keputusan bersama antara kepala daerah dengan DPRD induknya.

Halaman
1234
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Giri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved