DPRD Bandung Ingatkan Terkait Kesiapan Kota Bandung Sambut Libur Panjang dan Cuti Bersama

Ketua DPRD Kota Bandung, Tedy Rusmawan, kembali mengingatkan Pemkot Bandung.

Penulis: Cipta Permana | Editor: Giri
Tribun Jabar/Cipta Permana
Ketua DPRD Kota Bandung, Tedy Rusmawan 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Ketua DPRD Kota Bandung, Tedy Rusmawan, kembali mengingatkan Pemkot Bandung.

Hal itu terkait persiapan diri daam menghadapi potensi lonjakan kunjungan wisatawan ke Kota Bandung di saat momentum libur panjang dan cuti bersama yang jatuh pada 27 Oktober-1 November.

Sebab, menurutnya, setiap momentum liburan tiba, Kota Bandung kerap menjadi pilihan tujuan wisata dari para wisatawan domestik dan mancanegara selain Bali, Yogyakarta, dan Jakarta.

Namun, karena momentum liburan masih dalam nuansa pandemi covid-19, maka persiapan dalam aspek pengawasan penerapan protokol kesehatan harus lebih di tingkatkan.

Termasuk menindak tegas para pelanggar sesuai dengan Perwal Kota Bandung Nomor 47 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

"Karena momentum liburan saat ini bertepatan dengan nuansa pandemi, maka upaya mengantisipasi potensi penularan harus lebih masif lagi dilakukan Pemkot dan Gugus Tugas Penangangan Covid-19 Kota Bandung. Apalagi, beberapa daerah di luar Jawa Barat masih terkonfirmasi sebagai zona merah dengan tingkat penularan yang cukup mengkhawatirkan. Maka jangan sampai muncul klaster baru setelah selesai liburan ini," ujarnya saat di hubungi melalui sambungan telepon, Sabtu (24/10/2020).

Tedy menuturkan, sebagai kota jasa, Pemkot Bandung melalui kedinasan terkait pun harus meningkatkan kualitas layanan terhadap berbagai aspek.

Hal itu diperlukan untuk memberikan rasa nyaman dan aman kepada para wisatawan.

Oleh karena itu, setiap SKPD harus terus berkoordinasi dan memastikan kesiapan, kenyamanan, dan ketertiban di bidang jasa layanan, termasuk penerapan standar protokol kesehatan yang dijalankan oleh para pelaku bisnis dan mitra kerjanya masing-masing.

Menurutnya, beberapa SKPD akan menjadi satuan kerja yang paling sibuk dalam menghadapi momentum libur panjang ini.

Di antaranya, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung, yang harus memastikan kesiapan layanan termasuk peneraparan protokol kesehatan di hotel, restoran, kafe, dan tempat hiburan lain.

Baca juga: Nia-Usman NU Pasti Sabilulungan Berkomitmen Meningkatkan Pendidikan hingga Bertaraf Internasional

Kemudian Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdsgin) terhadap sejumlah mal dan sentra bisnis UMKM-nya.

"Begitu juga dengan Dinas Perhubungan (Dishub) dengan akses lalu lintas dan titik simpul potensi kemacetan, dan Satpol PP Kota Bandung, yang senantiasa mengawasi potensi pelanggaran dari masyarakat dan wisatawan yang datang ke Bandung," ucap politisi PKS tersebut.

Baca juga: 12 Peristiwa Istimewa Sebelum Nabu Muhammad Lahir ke Dunia dan 9 Kata Bijak Cintai Rasulullah

"Kota Bandung harus dapat memanfaatkan momentum ini semaksimal mungkin, dalam upaya memberikan kepuasan wisatawan yang tentunya berkorelasi dengan pertumbuhan di sektor ekonomi dan pendapatan daerah. Namun, jangan juga dilupakan bahwa pemulihan kesehatan masih menjadi prioritas dan harus tetap dikedepankan dalam upaya percepatan penanganan pandemi Covid-19 di Kota Bandung," katanya. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved