Breaking News:

Ingin Tubuh Ideal Boleh, Tapi Jangan Sampai Salah Diet, Hati-hati Bisa Kena Anemia

Untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal seperti figur para artis Korea yang sedang naik daun, banyak orang melakukan berbagai cara.

www.elconfidencial.com
Ilustrasi diet 

TRIBUNJABAR.ID - Untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal seperti figur para artis Korea yang sedang naik daun, banyak orang melakukan berbagai cara.

Berbagai macam langkah diet ditempuh untuk mendapatkan tubuh sempurna tersebut.

Diet boleh saja. Namun, diet tidak boleh dilakukan dengan asal-asalan.

Pasalnya, diet asal-asalan dengan tujuan cepat kurus dapat berakibat anemia, terlebih bagi remaja putri.

Bahkan, menurut survei dari ahli gizi Universitas Gadjah Mada (UGM) yang dilaksanakan pada 2013, sebesar 37 persen remaja putri setingkat sekolah menengah atas (SMA) di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menderita anemia akibat cara diet yang salah.

Anemia sendiri sebenarnya disebabkan karena berbagai hal, salah satunya tubuh tidak mendapatkan pasokan gizi dan zat besi yang memadai.

Gizi dan zat besi yang tidak terpenuhi tersebut disebabkan karena kebanyakan remaja putri berpikir, diet hanyalah soal mengurangi makanan.

Padahal, untuk mengurangi konsumsi makanan ada takarannya, bukan malah semua jenis makanan harus dikurangi.

Anemia juga termasuk penyakit yang tidak bisa disepelekan karena dapat mengakibatkan tubuh terasa lemas, lemah, letih, bahkan bisa mengakibatkan kesulitan berkonsentrasi.

Pada kondisi yang lebih parah, penderita anemia juga bisa mengalami gangguan pada penglihatan, gangguan saraf, hingga rambut beruban.

Contoh Diet Salah pada remaja

Halaman
1234
Editor: Giri
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved