Breaking News:

Modal Rp 50 Ribu buat Budidaya Ikan Cupang Irwan Raup Puluhan Juta Rupiah

Warga Taman Manggis Indah, Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Cilodong, ini mengaku, sejak pandemi untungnya sehari bisa mencapai Rp 1,5 juta - Rp 2 jt

afp/kompas.com
Ikan Cupang 

Laporan wartawan Tribun Network, Lucius Genik

SIAPA sangka, budidaya ikan cupang di tengah situasi pandemi Covid-19 ternyata sangat menjanjikan. Untungnya bisa puluhan juta sebulan. Sungguh tak main-main.

Keharusan bekerja dari rumah (work from home) saat pandemi memang membuat jumlah pehobi cupang meningkat. Sebagian mengoleksinya sekadar untuk kesenangan dan mengisi waktu luang. Namun, banyak juga yang kemudian menjadikannya sebagai lahan bisnis baru seiring banyaknya permintaan.

Irvan Novendra, petani ikan cupang asal Kota Depok, merasakan betul hal itu. Warga Taman Manggis Indah, Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Cilodong, ini mengaku, sejak pandemi untungnya sehari bisa mencapai Rp 1,5 juta bahkan Rp 2 juta.

"Kalau bulanannya bisa dikali saja, bisa Rp 30 juta hingga Rp 40-an juta," kata Irvan kepada Tribun Network, Jumat (25/9/2020).

Irvan mengaku mulai membudidayakan ikan cupang pada tahun 2018. Ia mengawali budidaya ikan cupang di sebuah garasi kecil di rumahnya setelah mengundurkan diri dari sebuah pekerjaan di bidang perminyakan.

Irvan adalah seorang Sarjana Perikanan. Ketertarikan pribadi dan hobi yang dimiliki sejak masih kanak-kanak mendorong Irvan memilih ikan cupang untuk dibudidayakan. Modal awal Irvan membudidayakan ikan cupang hanya sebesar Rp 50 ribu rupiah.

"Awal ternak cupang modal saya cuma sekitar Rp 50 ribu. Beli ikan satu pasang, akhirnya saya budidayakan, ada anaknya saya jual, akhirnya saya beli lagi dan saya kembangkan sampai sekarang ini. Alhamdulillah untungnya sudah jauh, karena dua tahun ini banyak juga yang saya upgrade," Irvan.

Farm Pribadi
Irvan sekarang sudah memiliki tempat budidaya ikan cupang di lantai dua rumahnya. Tempat budidaya ini dijadikan farm pribadi Irvan untuk beternak dan membudidayakan ikan cupang.

Farm tersebut berisikan kolam-kolam yang dimanfaatkan Irvan untuk membesarkan bibit-bibit ikan cupang sekaligus merawat indukannya. Ikan cupang di farm Irvan kini sudah berjumlah ribuan.

Ribuan ikan cupang di farm Irvan dikelola bersama para pemuda karangtaruna di lingkungannya tinggal. "Jadi beberapa remaja di sini sudah pelatihan di saya, nanti budidaya ikan cupang ini akan dikembangkan di karangtaruna lingkungan saya di sini," kata Irvan.

Ribuan ikan cupang di farm Irvan berasal dari beberapa jenis plakat yang kelompokkan atau dikawinkan. "Saya main plakat blue rim dan ikan-ikan multi colour dan ikan cupang jenis nemo," tutur Irvan.

Halaman
123
Editor: Darajat Arianto
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved