Tak Boleh Sembarangan, Begini Cara Memelihara Ikan Cupang yang Benar, Langsung dari Ahlinya

Kalian pencinta ikan cupang hias? Eits, jangan sembarangan peliharanya, bisa-bisa nanti mati. Ternyata

afp/kompas.com
Ikan Cupang 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Kalian pencinta ikan cupang hias? Eits, jangan sembarangan peliharanya, bisa-bisa nanti mati. Ternyata, memelihara ikan cupang ada cara-caranya.

Pembudidaya ikan cupang hias dari Purwakarta, Hamada Djauhari menyampaikan ada sejumlah cara agar ikan cupang dapat bertahan hidup lama, seperti kalian menyimpan ikan-ikan cupang itu di dalam air yang berasal dari air sumur dan kemudian ditambah daun ketapang serta sedikit garam.

"Setelah itu tambah pula sedikit obat biru tujuannya agar ikan tidak mudah mati," katanya saat ditemui Tribun Jabar, di kediamannya Desa Warungkadu, Desa Pasawahan, Purwakarta, Kamis (25/6/2020).

Pintu Ruang Fraksi PKS DPRD Kabupaten Bandung Dirusak, Pelaku Langsung Dipiting Petugas

Setelah semuanya tersimpan di dalam wadah ikan cupang tersebut, Hamada juga mengatakan mesti disimpan pakannya yakni jentik dan juga kutu air. Tapi, pencinta ikan cupang pun jangan sampai lupa loh untuk teliti menguras airnya jika dirasa sudah jelek kualitasnya.

Tenang Jangan Stres, Anak Bupati Garut Pun Tak Lolos PPDB SMA, Bukti PPDB Masih Fair

"Biasanya kalau ganti air itu tiga hari sekali. Biasanya ikan cupang itu ada stressnya juga. Kalau ikan cupang diam di bagian bawah itu hal biasa dan bukan menjadi masalah. Tapi, kalau ikan cupang itu diamnya dengan posisi kepala di atas (berdiri) itu ya waspada tanda-tanda akan mati," katanya.

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved