Breaking News:

Unpad Terima 2.154 Calon Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2020/2021 Melalui Jalur Mandiri

Universitas Padjadjaran (Unpad) mengumumkan hasil kelulusan mahasiswa baru program pendidikan sarjana

Penulis: Cipta Permana | Editor: Ichsan
Cipta Permana
Kampus Unpad Jalan Dipatiukur, Kota Bandung. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Universitas Padjadjaran (Unpad) mengumumkan hasil kelulusan mahasiswa baru program pendidikan sarjana yang diterima melalui jalur mandiri melalui laman resmi di http://pengumuman .unpad.ac.id/home.

Hasilnya 2.154 calon mahasiswa dinyatakan diterima di perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTNBH) yang didirikan 11 September 1957 tersebut.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Prof. Arief Sjamsulaksana Kartasasmita mengatakan, calon mahasiswa baru yang diterima dalam jalur Seleksi Mandiri Universitas Padjadjaran (SMUP) 2020 berdasarkan penilaian hasil seleksi UTBK ataupun hasil ujian daring.

Prof. Arief pun menjelaskan, pengumuman resmi hasil SMUP hanya ditampilkan dalam laman resmi Unpad, dan tidak ada dari jalur lain.

7 Anak Kampung di Subang Mainkan Celempung, Alat Musik dari Bambu, Diundang ke Berbagai Acara

"Usai dinyatakan lulus, para calon mahasiswa diwajibkan untuk segera melakukan registrasi dengan terlebih dahulu melengkapi biodata di laman students.unpad.ac.id mulai Senin (24/8/2020) hingga Rabu (26/8/2020). Sebab para mahasiswa baru akan mengikuti prosesi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun akademik 2020/2021 pada 27 – 29 Agustus 2020," ujarnya dikutip dari laman unpad.ac.id. Minggu (23/8/2020).

Prof. Arief menjelaskan, untuk jadwal perkuliahan tahun akademik 2020/2021 akan dimulai pada 31 Agustus mendatang.

Ia menambahkan, bahwa proses registrasi mahasiswa baru dilakukan secara daring. Mahasiswa tidak perlu datang ke Unpad. Selain itu, Unpad tidak menyediakan perantara untuk proses registrasi atau hal apapun terkait mahasiswa baru.

Saat pengisian biodata, mahasiswa baru wajib memperhatikan prosedur dan melampirkan dokumen sesuai yang disyaratkan. Berdasarkan data registrasi SNMPTN dan SBMPTN, banyak ditemukan kesalahan pengunggahan data dan dokumen yang tidak sesuai

"Termasuk untuk pembayaran UKT juga dilakukan ke rekening resmi Unpad, sehingga tidak ada tagihan lain atau nomor rekening lain di luar rekening resmi Unpad," ucapnya.

PERTAMA KALI di Kota Bandung, Pengantin Didenda Rp 500 Ribu, Langgar Protokol Kesehatan

Selain, pemerimaan calon mahasiswa baru melalui jalur SMUP untuk program pendidikan sarjana, Unpad pun menyelenggarakan seleksi mandiri secara daring bagi program pendidikan sarjana terapan pada Sabtu (22/8/2020). Proses seleksi jalur tersebut, diikuti oleh sebanyak 3.068 peserta secara daring di rumah masing-masing peserta.

"Ujian daring Sarjana Terapan ini terbagi menjadi dua sesi dengan ketentuan pembagian berdasarakan nomor peserta, dengan mekanisme yaitu, bagi nomor peserta 671200001 - 671201500, ujian digelar pada pukul 08.00 – 10.00 WIB. Sementara sesi dua digelar pada pukul 10.00 – 12.00 WIB untuk nomor peserta 671201501 - 671203068. Setiap sesi ujian diikuti oleh sekitar 1.500 peserta secara daring," ujar Prof Arief.

Wisata Kuliner Ikan Bakar Sambal Pesisir di Kota Bandung, Hadirkan Berbagai Macam Ikan Laut Segar

Menurutnya, walaupun dilaksanakan secara daring, pelaksanaan ujian tetap dipantau oleh tim pengawas. Secara teknis, untuk mengikuti ujian daring, para peserta harus menggunakan perangkat laptop dengan webcam yang berfungsi dan terkoneksi dengan para pengawas, hal tersebut agar para pengawas dapat memantau setiap aktivitas para peserta ujian.

"Peserta diwajibkan menyalakan webcam saat ujian dilaksanakan. Untuk pengumuman kelulusan seleksi Sarjana Terapan sendiri akan dibuka pada 25 Agustus mendatang," katanya.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved