Breaking News:

Penyakit Chikungunya

Chikungunya Serang 35 Warga Desa Sukamulya Cianjur, Tak Ada yang ke Rumah Sakit

Iman mengatakan, ada 35 orang warga yang terdata dengan gejala lemas kaki seperti lumpuh disertai dengan demam panas sehari semalam.

Penulis: Ferri Amiril Mukminin | Editor: Ravianto
NET
Nyamuk Aedes aegypti penyebab chikungunya 

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Sebanyak 35 orang warga RW 02 Kampung Cilumping kedusunan 1, Desa Sukamulya, Kecamatan Warungkondang, Kabupaten Cianjur, tiba-tiba demam panas disertai nyeri sendi dan kaku.

Warga yang menderita panas demam dan nyeri sendi ini kesulitan bergerak seperti lumpuh selama sehari semalam.

Kepala Desa Sukamulya, Iman Nur Jaman mengatakan, pihaknya sudah memantau warga yang terkena Chikungunya dan saat ini sebagian sudah berangsur pulih.

"Kronologis awal adanya penyakit chikungunya diakibatkan oleh saluran air yang kotor karena tak mengalir yang menimbulkan banyak nyamuk, mungkin dalam bulan ini merebak cepat di satu RW," ujar Iman ditemui di kantor Desa Sukamulya, Kamis (13/8/2020).

Iman mengatakan, ada 35 orang warga yang terdata dengan gejala lemas kaki seperti lumpuh disertai dengan demam panas sehari semalam.

Iman mengatakan tak ada warga yang dirawat di rumah sakit, semuanya dirawat di rumah dan mendapat penanganan oleh bidan desa dan Puskesmas.

"Sebagian warga sudah pulih, ada beberapa warga lagi yang masih dalam tahap penyembuhan," kata Iman.

Waspada Chikungunya

Warga Kota Bandung saat ini tidak hanya diserang demam berdarah tapi banyak juga yang terjangkit Chikungunya.

Kabid pencegahan dan pengendalian penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, Rosye Arosdiani mengatakan demam berdarah dan Chikungunya sama berasal dari nyamuk.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved