Breaking News:

Kota Sukabumi Tak Lagi Berzona Hijau, Ini Alasan Belum Dilakukan Pengetatan di Berbagai Sektor

Kota Sukabumi yang sebelumnya menjadi wilayah satu-satunya di Jawa Barat yang berzona hijau, kini harus melepas status itu.

TRIBUN JABAR/FAUZI NOVIANDI
Juru Bicara Media Center Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Kota Sukabumi, Wahyu Handriana 

Laporan Kontributor Kota Sukabumi, Fauzi Noviandi

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI - Kota Sukabumi yang sebelumnya menjadi wilayah satu-satunya di Jawa Barat yang berzona hijau, kini harus melepas status itu. Kini, Kota Sukabumi masuk zona kuning dalam status penyebaran Covid-19.

Penetapan stastus tersebut berdasarkan penilaian dari sejumlah indikator yang dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat.

Hal itu, diungkapkan Juru Bicara Media Center Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Kota Sukabumi, Wahyu Handriana, saat dihubungi melalaui sambungan telepon, Rabu (22/7/2020). 

"Jadi ada perbedaan indikator dalam penilaiannya, ada yang berdasarkan pemerintah pusat dan Pemprov Jabar. Kalau penilaian dari pemerintah pusat, wilayah Kota Sukabumi itu masih kuning, dan karena sekarang Pemprov Jabar mengacu ke pusat sehingga zonanya menjadi kuning," kata Wahyu

Ia menjelaskan, saat ini indikator penilaian yang digunakan pemprov mengacu dari pemerintah pusat, dan ada 12 indikotor penilaian di antaranya jumlah pasien positif, ODP, dan PDP.

"Jadi kita saat ini menggunakan indikator dari pemerintah pusat, kalau zona hijau, kan itu tidak ada sama sekali ditemukan kasus. Sedangkan saat ini di wilayah Kota Sukabumi masih ada kasusnya," ucapnya.

Anda ASN Eselon I dan II Tak Usah Ngarep Gaji Ke-13, Ini Penjelasan Kemkeu Sri Mulyani

Namun, kata dia, penetapan status dari zona hijau menjadi zona kuning, Wahyu mengatakan, pihaknya masih menunggu surat resmi dari Pemprov Jabar.

"Penetapan status Kota Sukabumi dari hijau jadi kuning tersebut semenjak Pemprov Jabar mengumumkannya pada Selasa (21/7/2020), tetapi secara resmi kami belum mendapatkan surat dari provinsi," katanya.

Ridwan Kamil Minta gugus Tugas Covid-19 Majalengka Waspadai Kasus Impor

Ia menambahkan, terkait penetapan status zona kuning tersebut hingga saat ini belum ada upaya pengetatan berbagai sektor dan masih berjalan normal. Pengetatan akan dilakukan ketika masuk ke zona merah. 

"Sejauh ini belum ada rencana untuk untuk melakukan pengetatan, dan masih melakukan perintah dari Pemprov Jabar atau ketika wilayah Kota Sukabumi masuk menjadi zona merah," ucapnya. (*)

Penulis: Fauzi Noviandi
Editor: Giri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved