Breaking News:

Anda Berminat? Butuh 110 Orang untuk Membentuk Koloni di Mars

Mars disebut-sebut memiliki kemiripan dengan bumi. Sehingga banyak studi yang berisi kemungkinan mars menjadi wilayah manusia di masa depan.

Editor: Giri
Tangkapan layar video NASA
Gambaran Perseverance rover dan helikopter Ingenuity, dua robot milik NASA ketika menjalankan misi penjelajahan MARS 2020. 

TRIBUNJABAR.ID - Mars disebut-sebut memiliki kemiripan dengan bumi. Sehingga banyak studi yang berisi kemungkinan mars menjadi wilayah manusia di masa depan.

Sebuah studi mengungkapkan, setidaknya butuh 110 orang untuk bisa membangun koloni manusia di mars.

Melansir The Independent, Senin (22/6/2020), penelitian dilakukan oleh Profesor Jean-Marc Salotti dari Institut Nasional Politeknik Bordeaux, Prancis, dengan menggunakan pemodelan matematika.

Tujuannya untuk mencari tahu jumlah minimum orang yang harus hidup di planet merah tersebut, serta bagaimana cara hidup yang harus dilakukan mereka.

Dalam penelitian ini, Salotti menggunakan beberapa faktor berkaitan jumlah pemukim, pemilihan teknik pertanian, kondisi kehidupan yang memadai, industri, dan pendukung kehidupan, serta pembagian dan pengorganisasian sumber daya.

Hasilnya, studi yang telah dipublikasikan dalam jurnal Scientific Reports ini mencatat, diperlukan sedikitnya 110 orang untuk bisa mewujudkan mimpi membangun koloni di mars.

Sementara kelangsungan hidup koloni bergantung pada seberapa baik mereka bisa saling bekerja sama sehingga bisa membangun pemukiman, serta seberapa mudah akses ke sumber daya alam.

Studi ini juga membahas bagaimana koloni kecil harus tinggal di kubah yang dipenuhi oksigen.

Di dalam kubah, mereka akan membangun industri pertanian yang diperlukan untuk mempertahankan kehidupan di mars.

Menurut Profesor Salotti, pindah ke mars atau planet lainnya mungkin akan menjadi cara satu-satunya untuk manusia bisa bertahan hidup, bila suatu saat terjadi ancaman bencana yang besar di bumi.

Halaman
12
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved