Breaking News:

PSBB di Jabar Diperpanjang

Soal Keputusan Mall dan Pusat Perbelanjaan di Kota Bandung Beroprasi atau Tidak, Ini Kata Kadisdagin

Kepala Disdagin Kota Bandung, Elly Wasliah meninjau simulasi penerapan protokol kesehatan di mall Bandung indah plaza (BIP), Selasa (2/6/2020).

nazmi abdurrahman/tribun jabar
Sekretaris Derah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna bersama Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disdagin), Elly Wasilah, seusai meninjau simulasi di Mall BIP, Selasa (2/6/2020) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Keputusan mall dan pusat perbelanjaan dapat kembali beroprasi atau tidak saat penerapan pembatasan sosial berskala besar ( PSBB) proprsional, berada di tangan Wali Kota Bandung, Oded M Danial, selaku ketua gugus tugas percepatan penangan Covid-19 Kota Bandung.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan ( Disdagin) Kota Bandung, Elly Wasliah saat meninjau simulasi penerapan protokol kesehatan di mall Bandung indah plaza ( Mall BIP Bandung), Selasa (2/6/2020).

Pihaknya hanya melaporkan hasil peninjauan simulasi terhadap semua mall dan pusat perbelanjaan di Kota Bandung.

Pemkot Akan Tinjau Simulasi Kesiapan 23 Mal di Bandung untuk Beroperasi Kembali

 

"Hasil dari simulasi 23 mal ini, nanti pak Sekda yang akan menyampaikan ke pak Wali Kota. Jadi, kebijakannya nanti apakah boleh tidak menunggu sampai PSBB proporsional ini selesai atau boleh tujuh hari ini langsung buka, nanti lihat hasil simulasi 23 mall ini, ada di pak wali kota (keputusannya)," ujar Elly.

Semua mal, kata Elly, wajib menerapkan standar protokol kesehatan yang ketat saat melakukan simulasi. Hari ini, kata dia, peninjauan baru dilakukakn terhadapa tiga mal yakni BEC, BIP dan PVJ.

"Besok ada lagi yang melayangkan, ada paskal 23, ada TSM, itu semuanya. Jadi ini kan baru simulasi, apa yang kurang, disampaikan kepada manajemen," katanya.

Masuk Mall BIP Bandung, Pengunjung Dicek Suhu Tubuh
Masuk Mall BIP Bandung, Pengunjung Dicek Suhu Tubuh (tribunjabar/mega nugraha)

Sebelumnya, Sekertaris Derah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna bersama Kadisdagin, Elly Wasilah, didampingi Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan personel Polrestabes Bandung meninjau simulasi kesiapan sejumlah mall di Kota Bandung, Selasa (2/6/2020).

Peninjuan simulasi ini dilkukan untuk melihat kesiapan mall dan pusat perbelanjaan di Kota Bandung dalam menjalankan protokol kesehatan, sebelum diberikan relaksasi seperti sektor lain yang saat ini sudah mulai beroprasi.

Peninjuan simulasi dilakukan mulai hari ini sampai Jumat 5 Juni 2020, oleh dua tim dari Disdagin, Satpol PP dan personel kepolisian.

Pada hari pertama, tim yang dipimpin Sekda bersama Kadisdagin meninjau tiga mall yakni Bandung elektronik centre (BEC), Paris van java (PVJ) dan Bandung indah plaza (BIP).

Pantauan Tribun saat simulasi di BIP, Ema bersama rombongan melihat bagaimana pengelola mall melakukan simulasi penerapan protokol kesehatan terhadap pengujung yang datang, mulai dari pintu masuk, hypermart, toilet, toko obat, toko kecantikan hingga ruang isolasi.

"Dari apa yang saya lihat hari ini baik di BEC, PVJ dan BIP secara umum kami cukup puas dengan kesiapan dari masing-masing pengelola mall, dari berbagai variasi, inovasi dan kreatifitas setiap mall, karena tidak sama, dari objek dan kondisinya berbeada," ujar Ema, di mall BIP, Selasa (2/6/2020).

Penulis: Nazmi Abdurrahman
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved