Ramadan Tahun Ini Tidak Ada Ngabuburit dan Buka Bersama di Ciamis

Pelaksanaan salat Tarawih di masjid selama bulan puasa tersebut menurut Wabup Yana tentu tetap melaksanakan protocol kesehatan.

Tribun Jabar/Andri M Dani
Wabup Ciamis, Yana D Putra (kiri) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – Kebiasaan yang selalu muncul setiap bulan puasa seperti ngabuburit (menghabiskan waktu menunggu waktu berbuka), buka bersama  (bukber), maupun tarling (Tarawih keliling), sahur on ther road,  hampir dipastikan pada Ramadan kali ini tidak ada di Ciamis. Hilangnya kegiatan yang lazim itu karena saat ini di masa pandemi Covid-19.

“Ini semua sesuai dengan anjuran physical distancing (jaga jarak) dan menghindari kerumunan untuk memutus mata rantai penularan Covid-19,” ujar Wabup Ciamis, Yana D Putra, kepada para wartawan seusai rapaan koordinasi (rakor) dengan MUI, DMI, dan Kemenag Ciamis dalam rangka menghadapi bulan Ramadan di Setda Ciamis, Senin (20/4).

Pemkab Ciamis, MUI, DMI, dan Kemenag Ciamis sepakat dengan Fatwa MUI Nomor 14 Tahun 2020 yang membolehkan pelaksanaan Tarawih dalam masjid selama bulan puasa untuk daerah tertentu yang aman dan tidak parah penularan Covid-19. Termasuk beriktikaf sejak 10 hari menjelang Lebaran.

Pelaksanaan salat Tarawih di masjid selama bulan puasa tersebut menurut Wabup Yana tentu tetap melaksanakan protocol kesehatan seperti menjaga jarak, tidak berkerumun, memakai masker semuanya untuk menghidari terjadinya penularan Covid-19. Setiap masjid juga harus menyediakan tempat cuci tangan dengan sabun dan air mengalir serta menyediakan hand sanitizer.

“Dan yang paling utama tentunya harus melaksanakan puasa. Tidak hanya karena kewajiban, yang penting juga karena puasa itu menyehatkan. Serta selalu berdoa untuk terhindar dari wabah Covid-19,” katanya. (*)

Penulis: Andri M Dani
Editor: Sugiri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved