Virus Corona di Jabar

112 Ulama di Ciamis Jalani Rapid Test, Dipantau Langsung Wakil Gubernur

Lebih dari 100 ulama di Kabupaten Ciamis menjalani rapid test hari ini.

112 Ulama di Ciamis Jalani Rapid Test, Dipantau Langsung Wakil Gubernur
Istimewa
Ulama Ciamis ikuti rapid test.

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS - Sebanyak 112 ulama dari berbagai pesantren di Ciamis, Selasa (7/4/2020) siang mengikuti rapid test virus corona.

Rapid test tersebut berlangsung di ruang kelas SMP Terpadu Podok Pesantren Al Hasan, Bolenglang, Ciamis mulai pukul 09.00 sampai pukul 12.00.

Pelaksanaan rapid test untuk para ulama dari Tatar Galuh Ciamis tersebut dipantau langsung Wagub Jabar, H Uu Ruzhanul Ulum.

Menurut Uu, rapid test yang diikuti ratusan ulama dari Ciamis tersebut merupakan tahap pertama pelaksanan rapid test bagi ulama se-Jabar.

”Tahap pertama ditargetkan ada 5.000 ulama, ustaz maupun ustazah di Jabar. Tahap pertama  ini setengah dari pondok pesantren yang ada di Jabar,” ujar Uu.

Tahap pertama ditargetkan 5.000 ulama dan dilakukan secara bertahap karena keterbatasan teknis.

Ulama, ustaz maupu ustazah menjadi target rapid test menurut Uu adalah satu upaya untuk memutus mata rantai penularan Covid-19.

Mengingat angka kasus Covid-19 di Jabar terus bertambah.

Dan para ulama menjadi prioritas karena merupakan tokoh yang dekat dan bersentuhan langsung dengan masyartakat.

“Beliau adalah tokoh yang disegani banyak yang datang bersalaman bahkan cium tangan,” katanya.  

Pelaksanaan rapid test tahap pertama yang diikuti 5.000 ulama se-Jabar tersebut menurut Wagub disambut antusias banyak ulama.

“Bahkan melebihi kuota. Kalau pun ada ulama yang tidak mau datang. Kami tidak memaksa. Tapi jangan membuat statemen, jangan membuat ajakan yang bisa menimbulkan keresahan seperti di medsos. Apalagi sampai memfitnah,” ujar Wagub Uu.

Bertambahnya angka kasus Covid-19 di Jabar, menurut Wagub Uu salah satunya karena kurang patuhnya masyarakat terhadap imbauan-imbauan peringatan dari pemerintah.

Jauhi kerumunan, jaga jarak, selalu pakai masker, cuci tangan dengan sabun, jaga daya tahan tubuh, lebih baik di rumah saja, maupun imbauan lainnya.

Dari 120 ulama Ciamis yang ditargetkan mengikuti rapid test Selasa siang, ada 112 orang ulama yang hadir.

Satu per satu mereka masuk ruangan di SMP Terpadu Al Hasan.

Ada tiga meja disediakan untuk pelaksanaan rapid test. Tiap meja sudah siap dua petugas medis dengan menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap untuk melaksanakan rapid test.

Demi Memenuhi Stok darah di PMI Majalengka, Polres Majalengka Gelar Donor Darah

Penulis: Andri M Dani
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved