Mulai hari ini, Ritel dan Pasar Modern di Kota Bandung buka sampai jam 20.00 WIB

Dinas perindustrian dan perdagangan (Disdagin) Kota Bandung, resmi memperpanjang jam operasional ritel dan pasal modern dari pukul 10.00 WIB hingga 20

Tribun Jabar/Isal Mawardi
Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung Elly Wasliah, Polrestabes Bandung, Rabu (13/12/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Dinas perindustrian dan perdagangan (Disdagin) Kota Bandung, resmi memperpanjang jam operasional ritel dan pasal modern dari pukul 10.00 WIB hingga 20.00 WIB.

Kepala Disdagin Kota Bandung, Elly Wasliah, mengatakan bahwa sebelumnya ritel dan pasar modern itu hanya diperbolehkan buka hingga pukul 18.00 WIB, namun setelah berkoordinasi dengan Wali Kota Bandung, pihaknya resmi menambah jam operasional dengan sejumlah pertimbangan.

"Jadi, tadi malam kami mengeluarkan surat yang baru, meralat surat sebelumnya dengan berbagai pertimbangan, untuk toko modern pembatasannya adalah jam 10.00 WIB sampai jam 20.00 WIB malam, sebelumnya jam 10.00 WIB sampai jam 18.00 WIB," ujar Elly, saat ditemui di Pendopo, Kota Bandung, Jumat (3/4/2020).

UPDATE Kasus Corona, Bupati Purwakarta: Ada Penambahan ODP dan PDP, Besok Ada Rapid Test

Menurut Elly, salah satu pertimbangan pihaknya menambah jam operasional karena beberapa warung di perumahan yang menjual kebutuhan kepada warganya, baru bisa belanja ke pasar sekitar pukul 17.00 WIB.

"Ada beberapa warung di perumahan yang menjual kembali ke warga, dia harus menutup dulu warungnya jam 5-6 (sore) baru belanja, kalau tokonya tutup jam 6, tidak memungkinkan untuk warga belanja, sehingga akan berdampak kepada warung-warung yang ada di perumahan itu," katanya.

Selain itu, kata Elly, penambahan jam operasional juga diharapkan dapat menyelamatkan banyak karyawan ritel.

Sebab, jika ritel dan pasar modern hanya buka sebentar, maka akan banyak karyawan yang harus dirumahkan karena tidak bekerja.

"Kedua, karena jam kerja operasional juga dibatasi, dikhawatirkan akan banyak karyawan yang dirumahkan. Nah, ini juga pertimbangan dari kami," ucapnya.

Elly menambahkan, ada beberapa ritel yang menjadi pengecualian dalam surat edarnnya tentang jam operasional ritel dan pasar modern yang dikeluarkannya seperti ritel di rumah sakit, SPBU dan rest area.

"Ya, tapi point penting dari Pak Wali Kota adalah untuk pelaksanaan physical distancing kepda semua toko modern dan pasar tradisional, kalau ada yang melanggar atau belum menerapkan physical distancing, akan ditindak dan disuruh tutup sama pak wali," ucapnya.

BEJAT, Pemuda Ini Cabuli 6 Anak Perempuan di Bawah Umur di Karawang, Polisi Berhasil Meringkusnya

Cikadut Akan Jadi Tempat Pemakaman Korban Covid-19 Kota Bandung, Sudah 5 Jenazah Dimakamkan

Penulis: Nazmi Abdurrahman
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved