Virus Corona di Jabar

2.600 Pelaku IKM di Kota Bandung Terkena Dampak Wabah Covid-19

Disdagin Kota Bandung mengatakan, sekitar 2.600 pelaku industri kecil dan menengah (IKM) terkena dampak akibat wabah Covid-19.

istimewa
Andika (26) hanya mencetak label kurupuk, pesanan kartu undangan acara pernikahan dan keramaian lainnya hilang karena kasus Covid-19. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Tiah SM

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG -- Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian dan (Disdagin) Kota Bandung mengatakan, sekitar 2.600 pelaku industri kecil dan menengah (IKM) terkena dampak akibat wabah Covid-19.

Atas dampak itu korona, pihaknya sudah mengirimkan data tersebut kepada kementerian untuk mendapatkan insentif atau stimulus bantuan keuangan.

"Total sekitar 2.600 warga, pelaku industri kecil terkena dampak covid-19," ujar Kepala Disdagin Kota Bandung, Elly Wasliah di Pendopo , Jumat (3/4/2020).

Pandemi Covid-19, Pertamina Sediakan Layanan Pesan Antar BBM dan Gas Elpiji Nonsubsidi

Elly mengatakan, para pelaku IKM yang terkena dampak korona diantaranya pelaku usaha kaos di kawasan jalan Suci dan pelaku usaha sepatu di jalan Cibaduyut serta pelaku usaha rajutan.

Ia mengatakan data yang sudah didata akan diserahkan kepada provinsi Jawa Barat.

Menurut Elly, mengatakan dari total tersebut, 2.058 diantaranya adalah pelaku usaha kecil dan 458 merupakan pelaku usaha menengah.

Menurutnya, pihaknya tengah melengkapi data administrasi yang selanjutnya akan diserahkan.

Ia menambahkan, sejak Januari hingga Maret kemarin ekspor dari Kota Bandung menurun sekitar 24 persen akibat wabah Covid-19.

Bupati Akui Pelantikan ASN Pemkab Cirebon yang Dimutasi Sempat Diundur Akibat Covid-19

Menurutnya, peringkat pertama ekspor di Kota Bandung yaitu fashion, ikan hias dan lainnya dengan tujuan negara yang didominasi ke Jepang, Amerika dan Malaysia.

Halaman
12
Penulis: Tiah SM
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved