Longsor Melanda Tiga Wilayah di Kota Cimahi

Jika terjadi longsor susulan, area rumah warga yang temboknya runtuh, akan berdampak pada bagian dapur dan kamar.

Tribun Jabar/ Daniel Andreand
Bencana tanah longsor terjadi di Jl Cukang Kawung, RT 01, RW 17, Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi, Selasa 

Laporan Wartawan Tribun Jabar Daniel Andreand Damanik

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Bencana tanah longsor terjadi di Jl Cukang Kawung, RT 01, RW 17, Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi, Selasa (31/3/2020).

Selain itu, longsor juga melanda dua lokasi lainnya yaitu, Kampung Nyalindung Kelurahan Citeureup, dan Jl Martasik, Kampung Cibaligo, Kota Cimahi.

"Kejadian di Jl Cukang Kawung terjadi pukul 02.00 WIB. Penyebabnya karena erosi tanah yang dipicu hujan yang intensitas tinggi. Material longsor menutupi akses jalan masyarakat dan mengakibatkan tembok penahan tanah berukuran 3x7 meter persegi, roboh. Berpotensi terjadi longsor susulan jika hujan deras," kata Emir Faisal selaku Kepala Seksi dan Kedaruratan BPBD Kota Cimahi.

Cegah Corona Meluas, AMSI Jabar Dorong Seluruh Pemda Lakukan Rapid Test Bagi Awak Media

Di lokasi longsor yang kedua, berada di Kampung Nyalindung, Kelurahan Citeureup terjadi sekira pukul 21.10 WIB pada Senin (30/3/2020), karena erosi tanah.

Tinggi longsoran di wilayah tersebut ialah delapan meter dan lebar 20 meter yang menutupi selokan. Tiga unit rumah berpotensi terbawa longsoran jika longsor susulan kembali terjadi.

BPBD Cimahi juga sudah memberikan bantuan berupa air mineral, mie instan, dan 150 lembar karung.

"Pada wilayah ketiga ialah Jl Martasik, Cipageran, longsor terjadi pukul 23.30 WIB (30/3/2020). Dampaknya, kirmir tergerus dan pondasi tembok rumah berukuran 8 x 3 meter persegi, runtuh. Material longsoran juga menutupi aliran sungai ," katanya.

Rapat Paripurna DPRD Jabar Diusulkan Dilakukan Lewat Teleconference

Jika terjadi longsor susulan, area rumah warga yang temboknya runtuh, akan berdampak pada bagian dapur dan kamar. Tidak ada korban jiwa akibat longsor dari ketiga lokasi tersebut.

Terhadap lokasi ketiga ini, BPBD Kota Cimahi telah memberikan sejumlah bantuan logistik seperti 100 lembar karung, tenda gulung, air mineral cup, dan peralatan dapur.

Robby Darwis Pasrah Liga 2 Ditunda karena Wabah Corona, Padahal Sudah Siapkan Tim

Penulis: Daniel Andreand Damanik
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved