Viral Postingan Mengenai Bawang Merah yang Dikupas Bisa Bunuh Virus Corona, Ternyata Hoaks

Penyebaran corona atau Covid-19 yang kian masif juga disertai beredarnya berita bohong atau hoaks terkait virus yang diduga berasal dari China ini.

Viral Postingan Mengenai Bawang Merah yang Dikupas Bisa Bunuh Virus Corona, Ternyata Hoaks
saransehat.com
Ilustrasi bawang merah 

TRIBUNJABAR.ID - Penyebaran corona atau Covid-19 yang kian masif juga disertai beredarnya berita bohong atau hoaks terkait virus yang diduga berasal dari China ini.

Satu dari hoaks yang beredar di media sosial Facebook yakni mengenai bawang merah dapat menyedot dan membunuh virus corona.

Informasi tersebut diunggah oleh pengguna Facebook, Cinta Bella di grup umum 'Jadikan Dunia Mayamu sebagai Ladang Amalmu', Senin (23/3/2020).

Hingga berita ini ditulis unggahan tersebut telah dibagikan sebanyak 3.897 kali.

Sementara itu, komunitas pemerang hoaks Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) mengklarifikasi bahwa berita tersebut merupakan berita yang salah.

Klaim bahwa bawang merah dapat mengatasi virus adalah hoaks lama yang kembali diedarkan dan dikaitkan dengan wabah Covid-19 yang menjangkit di beberapa negara sejak Desember 2019 lalu.

Dikutip dari situs pemeriksa fakta dari luar negeri, Snopes, menempatkan bawang merah yang dipotong dan ditempatkan di dalam mangkuk tidak akan melawan virus flu.

Menurut Snopses, klaim bawang merah dapat membunuh virus merupakan kepercayaan tradisonal yang tidak didukung aspek ilmiah.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengakui ekstrak bawang merah dapat membantu pengobatan batuk, pilek, asma, dan bronkitis.

Namun, dari beberapa penelitian ilmiah, tidak ada satu pun catatan mengenai peletakan potongan bawang merah di dalam ruangan.

tangkapan layar mafindo
HOAKS Bawang Merah yang Dikupas Bisa Bunuh Virus Corona

Snopses.com menegaskan, potongan bawang merah tidak akan mengamankan ruangan dari virus flu, baik flu babi pada 2009 atau penyakit menular lainnya.

Jika ingin tetap sehat, sebaiknya setiap orang rajin mencuci tangan dan menghindari berada di orang yang sakit.

Halaman
123
Editor: Yongky Yulius
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved