Wabah Virus Corona

Dampak Virus Corona, Warga Ciamis yang Mau Poligami atau Cerai Tunggu 14 Hari

Bagi pasangan suami isteri warga Ciamis maupun Pangandaran yang semula berniat untuk bercerai sebaiknya tunda dulu. PA tak teria pendaftaran

Dampak Virus Corona, Warga Ciamis yang Mau Poligami atau Cerai Tunggu 14 Hari
Instagram @makassar_iinfo
Ilustrasi ---Pria nikahi dua wanita sekaligus di Kalimantan 

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – Bagi pasangan suami isteri  warga Ciamis maupun Pangandaran yang semula berniat untuk bercerai sebaiknya tunda dulu.

Maklum terhitung sejak Senin (23/3) Pengadilan Agama (PA) Ciamis tidak menerima pendaftaran perkara sampai  Kamis (9/4). Layanan penerimaan perkara baru ditutup selama 14 hari kerja.

“Sementara perkara lama yang sudah jalan tetap berjalan sesuai jadwal. Yang ditunda hanya pendaftaran perkara baru,” ujar Ketua PA Ciamis, Drs H Anang Permana SH MH yang didampingi Humas PA Ciamis, H Nandang Hasanudin SH kepada Tribun dan wartawan lainnya, Selasa (24/3).

Peserta Musda Hipmi di Karawang Ini Bingung, Disuruh Tes Corona tapi Gak Ada yang Respons

Pendaftaran pekara baru yang ditunda selama 14 hari kerja tersebut tidak hanya perkara talak cerai, gugat cerai tetapi juga permohonan isbat nikah, dispensasi nikah, izin poligami dan permohonan lainnya.

“Pendaftaran perkara baru ditunda mulai Senin (23/3) sampai Kamis (9/4), tunda selama 14 hari kerja,” katanya.

Sidang perkara  lama yang sudah terjadwal tetap berlangsung seperti sid-ang untuk putusan. Kalau sidangnya ditunda, jadwal sidang tundanya harus setelah tanggal 9/4.

Bagi mereka yang berperkara (tergugat maupun penggugat, atau pemohon) yang menunggu waktu sidang, di ruang tunggu, diatur jarak duduknya jangan sampai berdekatan. Juga disediakan sejumlah handsanitizer di ruang tunggu maupun di pintu masuk PA Ciamis.

Imbas Virus Corona, Pemkab Ciamis Resmi Menunda Pelaksanaan Pilkades Serentak

Ketika siding berlangsung, di ruang siding, memang person yang berada di ruang sidang memang sedikit, hanya dibawah 10 orang. Terdiri dari majelis hakim (3 orang), painter (1), penggugat/tergugat (2) dan saksi (1). Tidak ada pengunjung sid-ang.

PA Ciamis pada tanggal 23/3 sampai 9/4 tersebut tak hanya menutup pendaftaran perkara secara manual dan online. Tetapi juga menutup layanan pos bantuan hukum (posbakum). Jam layanan juga berubah dari semula mulai pukul  08.30 sampai 15.00 jadi  mulai jam 08.30 sampai jam  12.00.

Tentang tutupnya pendaftaran perkara baru ini pihak PA Ciamis sudah memasang pengumuman secara online di website maupun medsos. Juga secara manual ditempet di tempat-tempat strategis di lingkungan PA Ciamis Komplek Perkantoran Kertasari.

Halaman
12
Penulis: Andri M Dani
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved