Imbas Virus Corona, Pemkab Ciamis Resmi Menunda Pelaksanaan Pilkades Serentak

Hampir dipastikan pelaksanaan Pilkades Serentak 2020 ditangguhkan menyusul wabah vurus corona

Imbas Virus Corona, Pemkab Ciamis Resmi Menunda Pelaksanaan Pilkades Serentak
Gambar mikroskop elektron transmisi menunjukkan virus corona SARS-CoV-2, juga dikenal sebagai 2019-nCoV, virus coronavirus yang menyebabkan COVID-19 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – Hampir dipastikan pelaksanaan Pilkades Serentak 2020 ditangguhkan menyusul wabah vurus corona. Jadwal semula Pilkades serentak yang akan diikuti 143 desa tersebut hari H-nya, Minggu (12/4/2020).

“Hasil rakor tadi siang memutuskan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 ditangguhkan sampai waktu yang tidak ditentukan,” ujar Asda I Pemkab Ciamis yang juga Ketua Panitia Pilkades Serentak Kabupaten Ciamis, H Ika Darmaiswara kepada Tribun, Selasa (24/3/2020).

Rakor penangguhan Pilkades Serentak yang berlangsung di ruang rapat Asda Pemkab Ciamis Selasa (24/3/2020) siang tersebut dihadiri Forkopimda, dan para camat se-Ciamis.   

Dari 258 desa se Kabupaten Ciamis ada 143 desa yang ikut  Pilkades Serentak dan jadwal pelaksanaan semula 12 April 2020.  Ke-142 desa tersebut tersebar di 27 kecamatan di Ciamis. Total jumlah calon kades  yang ikut Pilkades Serentak sebanyak 509 orang.

Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana Kena Virus Corona: Tak Alami Gejala tapi Virus Itu Tetap Masuk

Dengan ditangguhkannya pelaksanaan Pilkades Serentak 2020 tersebut menurut Ika seluruh  tahapan yang belum dilaksanakan juga ditangguhkan. S

eperti penetapan calon tiap desa peserta Pilkades Serentak, pengundian dan penetapan nomor urut calon,  masa kampanye dan hari H pencoblosan.

Tahapan-tahapan yang ditangguhkan tersebut sesuai jadwal semua hamper semuanya di bulan April.

Penangguhan tahapan pilkades serentak tersebut katanya tidak akan mengubah atau mengganti calon-calon kades yang sudah mendaftar dan sudah lolos.

TERUNGKAP: Warga Meninggal Selasa Subuh di RS SMC Tasikmalaya Adalah PDP Virus Corona

“Cuma tahapan yang  belum dilaksanakan  saja yang ditangguhkan. Termasuk hari H pencoblosan. Ditangguhkan sampai kapan, tergantung perkembangan situasi darurat covid-19. Resminya penangguhan pelaksanaan Pilkades Serentak 2020 ini tinggal menunggu terbitnya SK Bupati,”  ujar Ika yang didampingi Asda II Pemkab Ciamis Dr H Toto Marwoto MPd.

Penulis: Andri M Dani
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved