Dirut BIJB Bantah Menhub Budi Karya Sumadi Terpapar Virus Corona di Bandara Kertajati

Direktur Utama PT Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Salahudin Rafi, memastikan Bandara Kertajati bebas dari virus corona.

TribunCirebon.com/Eki Yulianto
Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka 

Laporan Wartawan TribunCirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNJABAR.ID, MAJALENGKA - Direktur Utama PT Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Salahudin Rafi, memastikan Bandara Kertajati bebas dari virus corona.

Ia menepis anggapan bahwa Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, terpapar virus corona saat berada di Bandara Kertajati.

Meski, Menhub berada di Bandara Kertajati pada Minggu (1/3/2020) lalu saat memantau kedatangan 69 Warga Negara Indonesia (WNI) ABK Diamond Princess dari Yokohama, Jepang.

"Sebelum Bandara Kertajati dipastikan menjadi lokasi pendaratan awak kapal Diamond Princess dari Jepang pada awal Maret lalu, kami sudah menerapkan prosedur terkait kebersihan dan kesehatan bandara, jadi dipastikan aman bagi penumpang yang akan mendarat dan pergi dari Kertajati," ujar Salahudin Rafi melalui pesan singkat, Senin (16/3/2020).

Harga Sembako di Garut Masih Normal, Hanya Jahe yang Naik 2 Kali Lipat

Rafi mengatakan, prosedur pemeriksaan suhu penumpang yang berangkat dan tiba di bandara pun sudah lama telah dijalankan.

Begitupun, dengan melakukan disinfektan seluruh fasilitas dan ruang yang berada di Bandara Kertajati.

"Kami sudah melakukan sesuai prosedur atas instruksi dari Gubernur Jabar, Ridwan Kamil langsung. Selain itu, selama ini tim Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandung juga sudah melakukan upaya antisipasi, salah satunya selalu mengecek suhu tubuh penumpang menggunakan alat thermal scanner," ucapnya.

Oleh karena itu, Dirut BIJB membantah bahwa Menhub tersebut tertular virus corona saat berada di Bandara Kertajati.

Ia pun meminta agar calon penumpang tidak khawatir dan tidak langsung mempercayai rumor tersebut.

"Saya pastikan itu tidak benar (Menhub tertular di Kertajati), karena proses pendaratan seluruh ABK Diamond Princess sudah dilakukan prosedur keamanan dan kesehatan. Jelas steril. Kemarin juga kan jarak dari kita yang memantau dengan turunnya penumpang dari pesawat sangat jauh," kata Dirut.

Diketahui, Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, dipastikan positif terjangkit virus corona tersebut.

Menteri Belanda Ini Kerja dari Rumah Setelah Tahu Menhub Budi Karya Terinfeksi Virus Corona

Penulis: Eki Yulianto
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved