Balapan F1 GP Australia Batal Karena Virus Corona, Penonton Sudah Mengantre di Albert Park

Gara-gara virus corona, balapan Formula 1 GP Australia yang seharusnya digelar 13-15 Maret 2020 di Sirkuit Melbourne Grand Prix, Albert Park, terpaksa

Formula 1
Formula 1 GP Australia 

TRIBUNJABAR.ID - Gara-gara virus corona, balapan Formula 1 GP Australia yang seharusnya digelar 13-15 Maret 2020 di Sirkuit Melbourne Grand Prix, Albert Park, terpaksa dibatalkan.

Keputusan ini diambil menyusul salah satu staf tim McLaren yang positif terjangkit virus Corona Covid-19 yang membuat mereka mengundurkan diri pada Kamis (12/3/2020).

"Mengikuti konfirmasi bahwa anggota tim balap McLaren telah dinyatakan positif Covid-19 dan keputusan tim untuk menarik diri dari GP Australia, FIA dan Formula 1 mengadakan pertemuan dengan sembilan kepala tim lainnya pada Kamis malam," demikian bunyi pernyataan dalam laman resmi Formula 1.

Iran Sebut Temukan Obat untuk Atasi Gejala Infeksi Virus Corona, Gejala Virus Turun dalam 48 Jam

 "Diskusi itu diakhiri dengan pandangan mayoritas tim bahwa balapan tidak boleh dilanjutkan. FIA dan Formula 1 dengan dukungan penuh dari Australian Grand Prix Corporation, telah mengambil keputusan bahwa semua kegiatan Formula 1 untuk GP Australia dibatalkan. "

"Kami menghargai ini adalah berita yang sangat mengecewakan bagi ribuan penggemar. Semua pemegang tiket akan menerima pengembalian uang tiket secara penuh," ucap pernyataan tersebut.

Keputusan ini menurut banyak orang sudah lama tertunda setelah juara dunia Mercedes mengatakan bahwa mereka akan mundur dari balapan tersebut.

"Tim F1 Mercedes-AMG Petronas hari ini telah mengirim surat kepada FIA dan F1 yang meminta pembatalan Grand Prix Australia 2020. Kami berbagi kekecewaan para penggemar olahraga bahwa balapan ini tidak dapat berjalan sesuai rencana."

"Namun, kesehatan fisik dan mental serta kesejahteraan anggota tim kami dan komunitas F1 yang lebih luas adalah prioritas utama kami," tulis Mercedes.

Tak lama setelah pengumuman itu, Ferrari mengeluarkan pernyataan yang mendukung keputusan untuk membatalkan balapan.

Singapura Tagih Biaya Pengobatan WNI Terinfeksi Virus Corona, Indonesia Tak akan Tagih WNA

Saran bahwa balapan batal digelar telah beredar sepanjang malam. Namun, pada awalnya panitia tetap memutuskan balapan tetap berlangsung sesuai rencana.

Keputusan ini diambil setelah banyak penggemar yang memadati Albert Park untuk menyaksikan para pembalap menjalani sesi latihan pertama.

Penonton yang tiba ternyata tidak diizinkan memasuki lintasan, sementara hanya anggota dari lima tim yang muncul di paddock.

Kebingungan lebih lanjut menyebar ketika perdana menteri negara bagian Victoria, Daniel Andrews mengumumkan pada Jumat (13/3/2020) bahwa balapan tetap akan diadakan.

Namun, dua pembalap Formula 1, Kimi Raikkonen (Alpha Romeo) dan Sebastian Vettel (Mercedes) sudah terbang untuk pulang.

Tanpa pernyataan resmi yang datang, penggemar dalam jumlah besar sudah berkumpul untuk memasuki Albert Park. Tetapi, mereka ditolak masuk oleh staf dengan sedikit atau tanpa informasi untuk memandu mereka.

3 Pesepakbola Eropa Terinfeksi Virus Corona, Klub Lakukan Karantina Hingga Tutup Tempat Latihan

Beberapa jam sebelumnya McLaren mengonfirmasi bahwa seorang anggota tim mereka telah dites positif terkena virus corona.

Dia adalah satu dari delapan personel F1 yang dites untuk virus corona pada Rabu (11/3/2020),

Tujuh hasil lainnya, termasuk empat anggota tim dari Haas yang telah menunjukkan gejala menunjukkan negatif Covid-19.

Sebelumnya, F1 mengumumkan bahwa GP Bahrain yang dijadwalkan pada 20-22 Maret mendatang terpaksa digelar tanpa penonton untuk mengantisipasi penyebaran virus corona. (BolaSport.com/Delia Mustikasari)

Pemain Basket Terinfeksi Virus Corona, Pemain Real Madrid vs Manchester City Ditunda, Ini Sebabnya

Sumber: BolaSport.com
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved