Sejak Arab Saudi Tutup Layanan Umrah, 220 Calon Jemaah Asal Ciamis Tertunda Keberangkatannya

Sejak Arab Saudi tutup layana umrah, 220 calon jemaah asal Ciamis tertunda keberangkatannya.

Sejak Arab Saudi Tutup Layanan Umrah, 220 Calon Jemaah Asal Ciamis Tertunda Keberangkatannya
Dok. Tribun Jabar
Jemaah umrah mengeliling Kabah di Mekkah, Saudi Arabia, Kamis (20/12/2018). 

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS - Sejak pemerintah Arab Saudi menutup sementara layanan perjalanan umrah sejak Jumat (28/2/2020) dan tutup total sejak Rabu (4/3/2020), setidaknya 220 calon jamaah umrah asal Ciamis tertunda keberangkatannya ke Tanah Suci.

Penutupan layanan umrah ini dampak dari maraknya ancaman virus corona atau Covid-19.

“Bukan gagal berangkat, tapi tertunda atau dipending keberangkatannya sampai pemerintah Arab Saudi membuka kembali layanan perjalanan umrah,” ujar Kasi Perjalanan Umrah dan Haji Kantor Kemenag Ciamis, H Tatang Iskandar kepada Tribun Jabar, Sabtu (7/3/2020).

Dari Sembilan KBIH yang sudah melaporkan jumlah calon jamaah umrah yang tertunda jadwal perjalanannya, totalnya mencapai 220 orang.

Jumlah itu terdiri dari calon jamaah umrah yang sudah mendaftar ke KBIH Nurul Huda sebanyak 36 orang (rencana awal pemberangkatan 10 Maret), Karya Imtak sebanyak 67 orang (4 Maret), Nurul Iman 10 orang (29 Maret), Multazam 28 orang (6 Maret), Cabang Arrahman Berkah Wisata 16 orang (11 Maret), MPAI 6 orang (7 Maret), Al Karomah 22 orang (15 Maret), Al Ihsan 13 orang (22 Maret), dan NU 22 orang (jadwal keberangkatan 22 Maret).

Dari 14 KBIH yang ada di Ciamis, yang memberikan layanan bimbingan haji dan umrah, di Ciamis katanya baru 9 KBIH yang sudah melaporkan jumlah calon jamaah umrah yang tertunda keberangkatannya ke Tanah Suci menyusul adanya kebijakan Arab Saudi menutup layanan perjalanan umrah.

“Informasi pasti kapan layanan perjalanan umrah dibuka kembali memang belum ada. Tapi informasi sementara tanggal 14 Maret, namun itupun kita tunggu saja perkembangan dari kebijakan pemerintahan Arab Saudi. Jadi sampai hari ini belum ada kepastian kapan 220 calon jamaah umrah tersebut bisa diberangkatkan,” katanya.

Arab Saudi Tangguhkan Umrah Selama Setahun di 2020, Benarkah? Ini Fakta Benarnya dari Kemenag RI

Menko PMK RI Nilai RSD Gunung Jati Siap Tangani Pasien Corona dari Wilayah III Cirebon

Penulis: Andri M Dani
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved