Inilah Cara Virus Corona Tertular Melalui Kontak Langsung

Dua warga Depok, Jawa Barat, yang terinfeksi virus corona dilaporkan tertular melalui kontak langsung dengan warga Jepang yang positif virus corona Co

Inilah Cara Virus Corona Tertular Melalui Kontak Langsung
Pixabay
ilustrasi virus corona 

TRIBUNJABAR.ID - Dua warga Depok, Jawa Barat, yang terinfeksi virus corona dilaporkan tertular melalui kontak langsung dengan warga Jepang yang positif virus corona Covid-19.

Tetapi, dilansir dari Kompas.com, virus corona tidak cukup tertular dengan sekali kontak dengan orang yang positif terinfeksi.

Dr dr Erlina Burhan, MSc, SpP(K) dari Divisi Infeksi Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi FKUI berkata bahwa penularan virus corona membutuhkan kontak yang erat, dekat dalam waktu yang lama dan juga intens sekali dengan pasien yang positif.

Menkes Terawan Tegaskan Pemerintah Tak Sembunyikan Apapun Soal Virus Corona

Inilah yang disebut dengan kontak langsung.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) juga mendefinisikan kontak langsung sebagai berada dalam jarak dua meter dari orang yang terinfeksi Covid-19 untuk waktu yang lama.

Kontak langsung bisa terjadi ketika Anda merawat, hidup bersama, mengunjungi atau berada di ruang tunggu atau kamar yang sama dengan pasien Covid-19.

Akan tetapi, kontak langsung juga bisa terjadi tanpa kriteria di atas jika Anda terpapar droplet atau percikan dari pasien Covid-19 yang sedang batuk atau bersin.

Jika Anda mengalami hal-hal di atas tanpa menggunakan alat pelindung, maka ada risiko Anda tertular virus corona Wuhan.

Dalam kasus kedua WNI yang positif Covid-19, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto berkata bahwa pasien yang merupakan guru dansa sempat berdansa dengan warga negara Jepang yang menularinya. (Kompas.com/Shierine Wangsa Wibawa)

Kunci Terhindar dari Virus Corona, Ingat Masker Saja Tak Jamin Tidak Tertular!

Editor: Theofilus Richard
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved