Puluhan Santri dan Santriwati Ramaikan Musabaqah Hifdzil Quran 2020 yang Digelar PDIP Kota Bandung

Lantunan ayat-ayat suci Al-Qur'an terdengar menggema dari dalam Sekretariat DPC PDIP Kota Bandung pada Minggu (23/2/2020) siang.

Puluhan Santri dan Santriwati Ramaikan Musabaqah Hifdzil Quran 2020 yang Digelar PDIP Kota Bandung
Tribun Jabar/Cipta Permana
DPC PDIP Kota Bandung menggelar Musabaqah Hifdzil Quran 2020 di Sekretariat DPC PDIP Kota Bandung, Minggu (23/2/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Lantunan ayat-ayat suci Al-Qur'an terdengar menggema dari dalam Sekretariat DPC PDIP Kota Bandung pada Minggu (23/2/2020) siang.

Puluhan santri dan santriwati dari berbagai kelompok usia tengah mengikuti perlombaan Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ) 2020 tingkat Kota Bandung.

Kegiatan yang diikuti sekitar 40 peserta dari berbagai jenjang pendidikan tersebut, terbagi dalam tiga kategori perlombaan yaitu, SD-SMP, SMA/MA, dan umum.

Santri Jabar Unjuk Kebolehan Baca Kitab Kuning di Musabaqah Qiraatil Kutub Digelar di Tasikmalaya

Mereka secara bergantian berusaha menampilkan kemampuanya dalam hal membaca surah, menyambung ayat, dan menebak nama surat melalui potongan ayat yang dibacakan oleh juri penguji lomba yang berasal dari UIN Sunan Gunung Djati.

Teknis pengujiannya, para peserta akan mendapat soal dari juri dengan bergantung pada kategori kepesertaan, meliputi, Juz 29 dan 30 untuk kategori SD dan SLTP-sederajat. Juz 1, 29 dan 30 untuk kategori SLTA-sederajat serta kategori umum juz 1 sampai juz 5.

Salah seorang peserta Friska Alya Denanta (13), pesetra kategori SMP dari Pondok Pesantren Yayasan Islam Nur Rohmah Bandung mengaku, ajang perlombaan MHQ yang digelar oleh DPC PDIP Kota Bandung merupakan, kesempatan pertamanya untuk tampil dihadapan khalayak masyarakat umum. Sehingga perasaan gugup dan khawatir pun tidak terlepas dari pikirannya sesaat sebelum pengujian.

Kecamatan Bojongloa Kidul Juara Umum MTQ Tingkat Kota Bandung

MTQ Kabupaten Cianjur Siap Digelar, Pameran Produk Halal dan Pawai Taaruf Akan Turut Meramaikan

Terlebih selama ini, anak pertama dari dua bersaudara pasangan Maman Suherman dan Tati Mariah tersebut, dalam menyetor hafalan kepada ustad/ustadzah di pondok pesatren, hanya disaksikan oleh teman-teman sebayanya.

"Beberapa hari sebelum dan pas hari ini ikut lomba ada sempat gugup dan khawatir salah bacaan, soalnya kan bawa nama sekolah juga. Kalau persiapan engga ada persiapan khusus, cuma memantapkan hafalan Juz 30 dan 29 aja," ujarnya saat ditemui usia mengikuti lomba MHQ 2020 di Sekretariat DPC PDIP, Jalan Martanegara, Kota Bandung.

Friska mengatakan, dirinya mengikuti ajang perlombaan MHQ tersebut, hanya mencari pengalaman semata guna untuk mengukur kemampuan hafalan selama ini. Selain itu, Ia bersama empat santriwati lainnya yang menjadi perwakilan delegasi tidak mendapatkan beban target juara apapun dari ustad/ustadzah maupun pihak yayasan.

Halaman
12
Penulis: Cipta Permana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved