Breaking News:

Bikin Terowongan Pakai Bahan Peledak, Dirut KCIC Sebut Sudah Sesuai Arahan LAPI ITB

Pembuatan terowongan dalam proyek kereta api cepat Indonesia-Cina (KCIC) Jakarta-Bandung

tribunjabar/nandri prilatama
Tinjau Proyek Terowongan KCIC di Purwakarta, Menhub Tekankan 4 Poin ke KCIC 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Pembuatan terowongan dalam proyek kereta api cepat Indonesia-Cina (KCIC) Jakarta-Bandung, dilakukan dengan cara diledakan sehingga tak jarang membuat dinding rumah di sekitar proyek mengalami retak-retak.

Direktur Utama KCIC, Chandra Dwiputra mengatakan peledakan dalam proyek pembuatan terowongan kereta api cepat ini tak menjadi masalah sebab hal tersebut telah meminta uji teknis dari Lembaga Afiliasi Penelitian Indonesia (LAPI) Institut Teknologi Bandung (ITB).

"Gak masalah, itu telah kami minta rujukan dari LAPI ITB sebagai pedoman kerja jadi gak masalah kalau ikut arahan universitas ternama, sebab mereka lakukan penelitian dan membuat semacam terowongan ini gak hanya di sini," ujar Chandra dengan didampingi Menhub, Budi Karya Sumadi, Minggu (23/2/2020) di Tunnel 4, Malangnengah, Sukatani, Purwakarta.

Pemerintah Segera Evakuasi 74 WNI di Kapal Diamond Princess, Semuanya Anak Buah Kapal

Sementara Budi Karya mengaku senang melihat banyaknya puluhan camp yang tersebar di dekat proyek KCIC sebagai bukti hubungan antara warga dengan para pekerja proyek ini baik-baik saja sehingga tak ada gesekan yang berarti.

Pengerjaan tunnel 4 yang berada di Kampung Malangnengah, Desa Malangnengah, Kecamatan Sukatani, kata Menhub, telah mencapai 44 persen.

Ketika disinggung terkait faktor cuaca menjadi kendala dalam pengerjaan kereta api cepat ini, Budi Karya mengatakan masalah cuaca relatif sedikit berpengaruh.

Kuswanto Himpun Kekuatan Menangi Pilkada Indramayu 2020, Kumpul dengan Partai di Hotel

"Relatif sedikit (cuaca). Mereka telah memasukan cuaca dalam pengerjaan ini. Jadi, praktis gak ada (masalah) yang ekstrem," ujarnya di lokasi.

Selanjutnya, masalah pembebasan lahan Budi Karya Sumadi yang didampingi Dirut KCIC, Chandra Dwiputra mengaku sudaj hampir 100 persen atau tepatnya 99,96 persen.

"Pembebasan lahan tinggal satu bidang saja yakni di wilayah Bandung sedang prosesnisasi," katanya.

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved