Breaking News:

Pro-Kontra Bayar SPP Pakai Go Pay, Kalau SPP Sudah Gratis Tak Diperlukan Lagi

Sejumlah penyedia aplikasi dompet digital, kini tengah berlomba mengembangkan kemampuan dari fitur

Penulis: Cipta Permana | Editor: Ichsan
(KOMPAS.com/Reska K. Nistanto)
Ilustrasi GoPay. Bayar SPP sekolah kini bisa menggunakan GoPay. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Sejumlah penyedia aplikasi dompet digital, kini tengah berlomba mengembangkan kemampuan dari fitur layanan aplikasi pembayarannya untuk masuk ke sektor institusi pendidikan.

Kondisi itu menyusul salah satu perusahaan financial technology (Fintech) yakni Go-jek yang telah menerapkan pemanfaatan Go-bills yang merupakan fitur dari layanan Go-pay, sebagai metode pembayaran baru bagi Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) dari orang tua siswa ke sekolah.

Kepala SMAN 3 Bandung, Yeni Gantini mengaku, menyambut baik hadirnya inovasi tersebut. Terlebih selain memudahkan mekanisne pembayaran SPP bagi para orang tua, tetapi juga hal tersebut merupakan wujud dari semangat transparansi atau keterbukaan dalam menyambut era digitalisasi.

"Selama hal itu dijamin keamanannya atau memiliki legitimasi yang jelas, kemudian tidak menghambat kebutuhan sekolah, baik itu untuk kegiatan operasional, investasi, maupun pengecekan data siswa yang telah dan belum membayar kewajiban tersebut bagi saya tidak menjadi masalah," ujarnya saat ditemui di SMAN 3 Bandung. Jumat (21/2/2020).

Terdampak Proyek Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung, Lima Rumah Warga di KBB Pun Dirobohkan

Akan tetapi, lanjut Yeni, apabila dengan teknologi digital tersebut justru mempersulit atau menjadi kendala bagi pihak sekolah maupun para orang tua dalam pengaplikasiannya, hal itu justru menjadi sebuah kebijakan yang perlu di evaluasi.

"Bila hal ini justru mempersulit baik bagi sekolah maupun para orang tua siswa, berarti inovasi itu bukan merupakan kemajuan dari semangat digitalisasi seperti yang diharapkan oleh masyarakat," ucapnya.

Disinggung adanya surat edaran himbauan dari Kemendikbud melalui Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, untuk menerapkan inovasi tersebut dilingkungan sekolah, Yeni mengaku hal tersebut belum ada.

"Sejauh ini saya belum dapat suratnya kalau memang ada dan akan diterapkan, justru saya mengetahui adanya informasi inovasi ini dari media massa," katanya.

Hal senada disampaikan oleh Kepala SMKN 5 Bandung, Rini Ambarwati, menurutnya, apapun yang menjadi keputusan dari Kemendikbud tetntunya telah melalui berbagai tahapan pengkajian terkait dampak positif dan negatifnya, maka selama kebijakan memiliki tujuan yang sama yaitu, mempermudah layanan pembayaran SPP dari para orang tua, pihaknya mendukung hadirnya rencana tersebut.

Sudah Dua Kali Gagal, Ternyata Ini Alasan Toto Sucartono Maju di Pilkada Indramayu untuk Ketiga Kali

Halaman
12
Tags
SPP
gratis
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved