Breaking News:

Imbas Cuaca Ekstrem Lima Titik Jaringan Listrik di KBB Rusak, Dua Tiang Listrik Harus Diganti

Cuaca ekstrem membuat lima titik jaringan listrik di KBB rusak. Dua tiang listrik harus diganti.

istimewa
Petugas PLN UP3 Cimahi saat melakukan perbaikan jaringan. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, NGAMPRAH - Lima titik jaringan listrik di wilayah pelayanan Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Cimahi mengalami kerusakan saat terjadi cuaca ekstrem di Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Berdasarkan data PLN UP3 Cimahi, titik kerusakan jaringan listrik itu tersebar di wilayah KBB, seperti di Desa Cicadas, Kecamatan Rongga.

Di lokasi ini tiang listrik roboh akibat terbawa tanah longsor.

Di Desa Cijambu, Kecamatan Cipongkor, satu unit tiang listrik patah akibat tertimpa pohon besar yang tumbang saat hujan deras.

Di Cipatat, tiga jaringan tertimpa pohon dan dua unit jaringan juga rusak di Kecamatan Gununghalu.

"Dari lima kejadian, dua titik di antaranya mengalami kerusakan yang cukup parah sehingga harus dilakukan penggantian tiang," ujar Manajer Bagian Jaringan PLN UP 3 Cimahi, Pilih Kondang Paramarta di Kantor PLN UP3 Cimahi, Rabu (19/2/2020).

Ia mengatakan, dampak dari kerusakan listrik jaringan listrik menyebabkan aliran listrik di sejumlah wilayah di KBB itu sempat padam.

Menurutnya, untuk penanganan gangguan jaringan akibat terdampak cuaca esktrem itu tergantung kadar kerusakan yang terjadi.

"Jika kondisinya berat, harus dilakukan pergantian tiang biar diperkirakan membutuhkan waktu sehari. Terberat bisa seharian untuk perbaikan karena kami masang tiang baru lagi," ucapnya.

Untuk kejadian di lima titik KBB itu, kata dia, ada 2 tiang yang harus diganti. Untuk tiang pertama terdampak longsor dan tiang yang kedua rusak akibat tertimpa pohon besar.

Meski dibutuhkan waktu untuk perbaikan, pihaknya tetap memprioritaskan listrik tetap menyala dan pihaknya memiliki komitmen dalam waktu maksimal tiga jam listrik bisa kembali menyala pascaterjadi gangguan.

"Pada saat terjadi gangguan, kami utamakan listrik nyala dulu ke masyarakat. Kami manuver dari jaringan lain," ucapnya.

Ia mengatakan, untuk mengantisipasi gangguan listrik akibat terdampak cuaca ekstrem, seperti tertimpa pohon, sebetulnya sudah dilakukan antisipasi dengan pemeliharaan.

"Kami usahakan untuk pemangkasan pohon. Kalau diizinkan ditebang kami akan tebang. Terutama pohon-pohon yang kondisinya sudah kelihatan tua," ucapnya.

Wilayah KBB Kerap Dilanda Bencana, Menurut Bupati Ini Penyebab Terjadinya Bencana

Bupati KBB Pastikan Pembangunan Waterboom di Lembang Tak Bisa Dilakukan Jika Ditolak Warga

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved