Untuk Gedung Pemerintahan, Pemkot Bandung Kemungkinan Ganti Desain Ridwan Kamil

Andri Heru mengatakan saat ini belum ada keputusan soal menggunakan desain lama hasil karya Ridwan Kamil atau akan pakai desain baru.

Untuk Gedung Pemerintahan, Pemkot Bandung Kemungkinan Ganti Desain Ridwan Kamil
Tribun Jabar/Cipta Permana
Balai Kota Bandung 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pemerintah Kota Bandung kemungkinan mengganti desain gedung pusat pemerintahan baru di Bandung Timur hasil rancangan Ridwan Kamil, Wali Kota Bandung periode 2013-2018.

Gedung pemerintahan baru yang dirancang Ridwan Kamil itu rencananya berkonsep Sunda futuristrik yang tidak hanya menunjukkan kekhasan tetapi juga semangat pemerintahan Bandung juara.

Kasubid Perencanaan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah, Bappelitbang Kota Bandung, Andri Heru mengatakan saat ini belum ada keputusan soal menggunakan desain lama hasil karya Ridwan Kamil atau akan pakai desain baru.

"Desain yang sebelumnya digagas oleh wali kota sebelumnya (Ridwan Kamil), tapi untuk desain yang baru sesuai dengan kebutuhan kami belum ada. Nah, itu belum ada keputusan lagi (pakai yang mana). Karena yang namanya pimpinan punya pemahaman konsep dan yang lainnya," ujar Andri saat ditemui di Balai Kota, Rabu (12/2/2020).

Menurut Andri, jika gedung pusat pemerintahan sudah resmi pindah ke Bandung Timur, gedung lama akan digunakan sebagai wisata bangunan heritage. Sebab, bangunan Balai Kota Bandung saat ini masuk dalam bangunan bersejarah.

Ridwan Kamil dan RSHS Pastikan Kesiapan Jabar Hadapi Virus Corona, Tunggu Kabar dari Natuna

Sekda Jabar non Aktif Iwa Karniwa Bantah Terima Hadiah Terkait Raperda RDTR Bekasi

"Jadi, nanti harapannya bangunan pemerintah yang berada di Kota lama ini (Balkot) kami kembalikan ke fungsi untuk menunjang Heritage, sebagai pendidikan dan wisata bangunan bersejarahlah, tapi itu juga masih menunggu ketersediaan lahan di Gedebage," katanya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Bandung masih kesulitan mencari lahan untuk lokasi gedung pemerintahan yang akan dipindahkan ke kawasan Bandung Timur.

Rencana memusatkan pemerintahan di satu titik ini sudah disiapkan sejak 2016 dan ditargetkan selesai pada 2018.

Hingga 2020 Pemkot Bandung ternyata masih terkendala lahan yang akan digunakan. Rencana tersebut sampai saat ini masih diakomodasi dalam rencana tata ruang wilayah (RTRW) 2020.

Penulis: Nazmi Abdurrahman
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved