Ridwan Kamil dan RSHS Pastikan Kesiapan Jabar Hadapi Virus Corona, Tunggu Kabar dari Natuna

Ridwan Kamil menuturkan bahwa Indonesia, khususnya di Provinsi Jawa Barat, dipastikan masih aman dari ancaman corona virus yang kini bernama Covid-19

Ridwan Kamil dan RSHS Pastikan Kesiapan Jabar Hadapi Virus Corona, Tunggu Kabar dari Natuna
Tribunjabar/Syarif Abdussalam
Gubernur Jabar Ridwan Kamil di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa (11/2/2020). 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung memastikan kesiapan menghadapi ancaman penyebaran virus corona di Jawa Barat.

Pernyataan bersama itu disampaikan dalam rapat di RSHS Bandung, Rabu (12/2/2020).

Sampai Rabu (12/2/2020) pagi, virus corona yang berasal dari Wuhan di Cina ini sudah menjangkiti 44.911 orang dan sebanyak 1.114 orang di antaranya meninggal dunia.

Ridwan Kamil menuturkan bahwa Indonesia, khususnya di Provinsi Jawa Barat, dipastikan masih aman dari ancaman corona virus yang kini bernama Covid-19 tersebut.

Dua pasien yang sempat dirawat di RSHS dan dua pasien yang juga sempat mendapat perawatan di RS Paru-paru Rotinsulu Bandung karena dicurigai terjangkit virus tersebut telah diobservasi.

Alat thermal scanner yang tersedia di Bandara Kertajati untuk mendeteksi virus corona, Senin (27/1/2020).
Alat thermal scanner yang tersedia di Bandara Kertajati untuk mendeteksi virus corona, Senin (27/1/2020). (Tribun Jabar/Eki Yulianto)

Hasil semuanya dinyatakan negatif virus corona 'Covid-19'.

"Setelah dicek oleh Litbangkes (Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI) yang punya alat canggih untuk memastikan, semuanya negatif. Kemudian kita selalu koordinasi dengan Kemenkes, dengan pihak imigrasi, dan pihak kesehatan pelabuhan juga, untuk memastikan kita punya data-data yang akurat di Jabar," ujar Emil, sapaan Ridwan Kamil, seusai menggelar rapat tersebut.

Sekda Jabar non Aktif Iwa Karniwa Bantah Terima Hadiah Terkait Raperda RDTR Bekasi

Update Kasus Virus Corona: 1.115 Orang Meninggal, 45.057 Orang Positif Terinfeksi

Emil mengatakan RSHS yang menjadi rumah sakit rujukan penyakit infeksi di Jabar sudah sangat siap menghadapi penyebaran Covid-19.

Ketika ada pasien yang diindikasi terjangkit virus tersebut, maka yang bersangkutan akan langsung diobservasi. Selain di IGD, juga disediakan ruang isolasi khusus.

Selain RSHS dan Al Ihsan di Bandung, kata Emil, terdapat rumah sakit lain yang sudah disiagakan untuk mengantisipasi virus ini, yakni RSUD di Cirebon, Subang, Sukabumi, Indramayu, dan Garut, yang akan melengkapi sistem pertahanan dan persiapan menghadapi Covid-19.

Halaman
12
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved