Patung di Batu Mahpar Tasikmalaya

Warga Diimbau Tak Lakukan Penggalian Lagi di Obyek Wisata Batu Mahpar yang Banyak Ditemukan Patung

Peneliti dari Balai Arkeologi Jawa Barat mengimbau seluruh warga Tasikmalaya, utamanya kelompok itu tak melakukan aktivitas apapun di Batu Mahpar

Warga Diimbau Tak Lakukan Penggalian Lagi di Obyek Wisata Batu Mahpar yang Banyak Ditemukan Patung
Tribun Jabar/Ery Chandra
Suasana didepan Kantor Balai Arkeologi Jawa Barat, Jalan Raya Cinunuk Kilometer 17, Kabupaten Bandung, Selasa (11/2/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ery Chandra

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Peneliti dari Balai Arkeologi Jawa Barat mengimbau seluruh warga Tasikmalaya, utamanya kelompok itu tak melakukan aktivitas apapun di obyek wisata Batu Mahpar.

"Terlepas dari iya dan tidaknya (keaslian patung-patung) harus diselamatkan dulu. Jangan ada kegiatan-kegiatan penggalian disitu lagi," ujar Peneliti Utama Balai Arkeologi Jawa Barat, Nanang Saptono saat diwawancara Tribun Jabar di Balai Arkeologi Jawa Barat, Jalan Raya Cinunuk Kilometer 17, Kabupaten Bandung, Selasa (11/2/2020).

Menurutnya, sesuai undang-undang dasar melakukan proses pencarian sesuatu yang diduga cagar budaya dengan penggalian, penyelaman, dan pengangkatan di darat atau air dilarang tanpa izin.

Soal Penemuan Patung di Tasikmalaya, Balai Arkeologi: Bukan Langgam Ganesha

Pihaknya khawatir proses di Tasikmalaya tersebut bisa menghilangkan konteks.

"Sehingga enggak mengerti ada pecahan-pecahan dibuang, justru itu yang penting," katanya.

Dia menuturkan seluruh warga bisa menahan diri dan bersabar terlebih dahulu, agar tidak melakukan penggalian lebih lanjut.

Temuan Patung-patung Batu yang Diduga Artefak di Tasikmalaya Jadi Obyek Selfi Wisatawan

Fitria (19) bersama keluarga berselfi ria di dekat patung batu yang mirip dengan arca Dewa Ganesha, di obyek wisata Batu Mahpar, Kecamatan Leuwisari, Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (11/2/2020) siang.
Fitria (19) bersama keluarga berselfi ria di dekat patung batu yang mirip dengan arca Dewa Ganesha, di obyek wisata Batu Mahpar, Kecamatan Leuwisari, Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (11/2/2020) siang. (Tribun Jabar/Firman Suryaman)
Penulis: Ery Chandra
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved