Jembatan di Perbatasan Cianjur-Sukabumi Ini Rusak Parah, Sudah 40 Tahun Tak Diperbaiki

Jembatan Cibuni sepanjang 150 meter di perbatasan Cianjur-Sukabumi kondisinya cukup mengkhawatirkan.

Istimewa
Jembatan Cibuni sepanjang 150 meter di perbatasan Cianjur-Sukabumi kondisinya cukup mengkhawatirkan. Tak ada lagi aspal dan beton di atas jembatan yang terlihat malah balok kayu. Sangat berbahaya bagi kendaraan yang akan menyeberang. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ferri Amiril Mukminin

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Jembatan Cibuni sepanjang 150 meter di perbatasan Cianjur-Sukabumi kondisinya cukup mengkhawatirkan.

Tak ada lagi aspal dan beton di atas jembatan yang terlihat malah balok kayu. Sangat berbahaya bagi kendaraan yang akan menyeberang.

Tanggungjawab siapakah jembatan yang di wilayah Cianjur berada di Kampung Cibungur RT 03/03, Desa Sinarbakti, Kecamatan Cijati, Kabupaten Cianjur.

Kerusakan belum pernah diperbaiki sejak 1979. Padahal, jembatan itu sudah menelan korban jiwa dan luka-luka.

Informasi terakhir jembatan akan dibangun oleh Pemkab Sukabumi dengan anggaran provinsi, namun terkendala pembebasan lahan di wilayah Cianjur.

Data yang diterima Dinas PUPR Kabupaten Cianjur menyebut akan dibangun jembatan baru di samping jembatan lama. Pasalnya jembatan lama akan dijadikan pengembangan kawasan wisata.

Kabid Konstruksi dan Bina Teknik Dinas PUPR Kabupaten Cianjur, Wisnu Ardianto, mengatakan Cianjur kebagian pembangunan pondasi terakhir jembatan dan pembebasan lahan sepanjang 200 meter untuk menghubungkan ke jalur lama.

Istri Pasien Suspect Corona di RSUD Waled Cirebon Akui Rekan Suaminya Alami Gejala yang Sama

"Informasi yang saya dapat jembatan lama akan dipertahankan, bergeser ke tempat baru, membutuhkan pembebasan lahan di Cianjur, jembatan tersebut terdapat dua sisi sungai ada yang masuk wilayah Cianjur," kata Wisnu ditemui di ruang kerjanya, Senin (27/1/2020).

Wisnu mengatakan, Sukabumi sudah siap dengan anggaran banprov namun dari Cianjur belum ada penganggaran.

Halaman
123
Penulis: Ferri Amiril Mukminin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved