Batu Susun Batu Rompe Ciamis Kini Ramai Dikunjung, Sampah pun Mulai Berserakan

Mereka datang melihat batu susun di Blok Rompe baik secara perorangan maupun kelompok. Pemandu-pemandu lokal pun mulai bermunculan.

Batu Susun Batu Rompe Ciamis Kini Ramai Dikunjung, Sampah pun Mulai Berserakan
Istimewa
Warga mulai keluhkan sampah yang dibuang sembarangan di kawasan batu susun Blok Rompe Desa Sukaraharja Kecamatan Lumbung Ciamis. Agus Cawing yang membuat Batu Rompe viral di medsos, secara sukarela bersama rekannya memungut sampah yang dibuang sembarangan tersebut 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS- Sejak viralnya keberadaan batu susun di Blok Rompe, Desa Sukaharja, Kecamatan Lumbung Ciamis sejak Desember lalu, kini batu susun Blok Rompe tersebut banyak dikunjungi oleh berbagai pihak.

Mereka datang melihat batu susun di Blok Rompe baik secara perorangan maupun kelompok. Pemandu-pemandu lokal pun mulai bermunculan.

Kehadiran banyak pengunjung itu kadang-kadang menyisakan sampah yang berserakan di kawasan batu susun yang berlokasi di perbatasan Desa Sukaraharja Kecamatan Lumbung dan Dusun Selamaya Desa Selasari Kecamatan Kawali Ciamis tersebut.

“Sampahnya macam-macam. Ada kertas atau bungkus makanan, yang banyak memang botol air mineral. Di buang begitu saja di atas pematang, di sawah bahkan juga di tepi-tepi batu susun,” keluh Agus Cawing (30), pegiat budaya yang juga aktivis Karang Taruna “Cakra Buana” Desa Selasari Kawali kepada Tribun Senin (27/1/2020).

Setelah mengunggah foto dan video tentang batu susun yang unik di Blok Rompe ini di akun facebooknya Desember 2019, Agus mengatakan Batu Rompe yang diduga candi peninggalan sejarah itu menjadi viral dan menjadi perhatian banyak pihak.

Batu Susun di Kawali Ciamis Diduga Candi, Ketua Dewan Minta Arkeolog Turun Tangan 1
Batu Susun di Kawali Ciamis Diduga Candi, Ketua Dewan Minta Arkeolog Turun Tangan 1 (tribunjabar/andri m dani)

Batu Susun Rompe Butut di Ciamis Segera Diteliti Arkeolog dari Balai Arkeologi Bandung

Untuk Pastikan Candi atau Bukan, Tim Unigal Ciamis akan Turun ke Lokasi Batu Susun Rompe Butut

Pengunjung pun mulai berdatangan ke lokasi batu susun yang oleh warga setempat dianggap angker tersebut.

Selama dua minggu terakhir, hampir setiap hari selalu ada pengunjung yang datang ke Batu Rompe baik itu dari Ciamis maupun dari luar Ciamis. Baik yang datang perorangan maupun secara berombongan.

 “Pada hari biasa ada 3 sampai 4  rombongan yang datang mengunjungi  Batu Rompe. Hari libur seperti hari Minggu kemarin sampai dua kali lipatnya. Pengunjung sekarang memang sudah ramai, baik yang langsung saya pandu bersama rekan atau rekan lainnya. Hari kemarin (Minggu, 26/1) Pak Anton Charliyan  (pegiat budaya mantan Kapolda Jabar) dan rombongan dari Unpad juga berkunjung ke batu susun ,” katanya.

Kehadiran banyak pengunjung ke Batu Rompe tersebut tentu sangat menggembirakan. Tapi di sisi lainnya dampaknya banyak sampah yang tercecer dan di buang sembarang di sekitar kawasan Batu Rompe.

Halaman
12
Penulis: Andri M Dani
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved