Batu Susun Rompe Butut di Ciamis Segera Diteliti Arkeolog dari Balai Arkeologi Bandung

Kehadiran arkeolog itu untuk melakukan kajian awal soal keberadaan batu susun Rompe Butut di Ciamis yang diduga candi tersebut.

Batu Susun Rompe Butut di Ciamis Segera Diteliti Arkeolog dari Balai Arkeologi Bandung
tribunjabar/andri m dani
Batu Susun di Kawali Ciamis Diduga Candi, Ketua Dewan Minta Arkeolog Turun Tangan 1 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS– Dalam waktu dekat diharapkan arkeolog dari Balai Arkeologi (Balar) Bandung ke lokasi batu susun Rompe Butut di Blok Rompe Desa Sukaraharja, Kecamatan Lumbung, Ciamis.

Kehadiran arkeolog itu untuk melakukan kajian awal soal keberadaan batu susun yang diduga candi tersebut.

“Mudah-mudahan pekan depan tim arkeolog dari Balar Bandung sudah meninjau lokasi batu susun di Blok Rompe itu,” ujar Kadisbudpora Erwan Dermawan kepada Tribun setelah pembukaan Kejuaran Silat Antar Paguron se-Pulau Jawa di Gelanggang Galuh Taruna (GGT) Ciamis, Jumat (24/1/2020) siang.

Batu susun yang unik dan menarik perhatian yang berlokasi di Blok Rompe yang adalah perbatasan Desa Sukaraharja dan Desa Ciku[a (Kecamatan Lumbung) dan Desa Selasari (Kecamatan Kawali) tersebut sempat viral di medsos.

Kepala Disbudpora Erwan Dermawan dan jajarannya sudah mendatangi lokasi batu susun tersebut Kamis (16/1/2020) setelah mendapat laporan.

Batu Susun di Kawali Ciamis Diduga Candi, Ketua Dewan Minta Arkeolog Turun Tangan 2
Batu Susun di Kawali Ciamis Diduga Candi, Ketua Dewan Minta Arkeolog Turun Tangan 2 (tribunjabar/andri m dani)

“Setelah pengecekan lokasi dan melihat langsung keberadaan batu susun tersebut kami sudah melayangkan surat ke Balar dan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB). Tak hanya melayangkan surat, kami juga berkomunikasi. Sudah ada respons, Balar Bandung akan menurunkan tim ke lokasi batu susun rencananya pecan depan,” katanya.

Untuk Pastikan Candi atau Bukan, Tim Unigal Ciamis akan Turun ke Lokasi Batu Susun Rompe Butut

Viral Batu Susun Rompe Butut di Desa Sukaraharga Ciamis, Dikenal Angker dan Diduga Candi

Bila dari kajian tim arkeolog tersebut diketahui batu susun di Blok Rompe tersebut merupakan candi atau peninggalan sejarah, Disbudpora Ciamis akan menindaklanjutinya ke BPCB Banten.

“Kalau hasil kajiannya menyebutkan bahwa batu susun tersebut merupakan alam biasa yang terbentuk dari proses-alami. Kami akan menindaklanjuti ke Balai Geologi di Jalan Diponegoro Bandung,” ujar Erwan.

Apapapun hasil kajiannya, candi atau bukan, keberadaan batu susun di Blok Rompe ini jelas merupakan potensi yang diharus dikembangkan Pemkab Ciamis.  

Halaman
12
Penulis: Andri M Dani
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved