Breaking News:

Dulu Naik Rakit atau Jalan Memutar, Kini Warga di Garut ini Bisa Nyebrang Pakai Jembatan Gantung

Warga dua kecamatan di Kabupaten Garut akhirnya bisa merasakan akses yang lebih mudah setelah jembatan

tribunjabar/firman wijaksana
Warga Kelurahan Lengkongjaya, Kecamatan Karangpawitan melintasi jembatan gantung di atas Sungai Cimanuk menuju ke Desa Sukasenang, Kecamatan Banyuresmi, Minggu (26/1/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Wijaksana

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Warga dua kecamatan di Kabupaten Garut akhirnya bisa merasakan akses yang lebih mudah setelah jembatan gantung terpasang.

Selama puluhan tahun, warga harus menyeberang Sungai Cimanuk menggunakan rakit.

Setahun lalu, anak-anak dari Kelurahan Lengkongjaya, Kecamatan Karangpawitan harus bertarung nyawa untuk pergi ke sekolahnya di Desa Sukasenang, Kecamatan Banyuresmi. Harapan mereka untuk memiliki jembatan, akhirnya terjawab.

"Dulu harus naik rakit kalau mau sekolah. Tapi kalau hujan, jalannya mutar dulu. Bisa habis ongkos sampai Rp 50 ribu," ujar Ai Jenab (45), salah seorang warga Lengkongjaya, Minggu (26/1/2020).

Ai sangat bersyukur jembatan gantung itu kini sudah bisa digunakan warga. Ia menyebut, sudah lebih dari 20 tahun warga harus menyeberang memakai rakit.

Dua Warga Gedebage Ini Sakit dan Rumahnya Kebanjiran, Dievakuasi Polisi ke Rumah Sakit

"Anak saya sepatunya sering basah dan hilang di sungai. Kadang bajunya kotor karena harus melewati sawag dulu," ucapnya.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, langsung meresmikan jembatan penghubung dua kecamatan. Setelah melakukan seremoni gunting pita, Emil bersama istrinya, Atalia Prayatya, langsung mencoba melintasi jembatan.

Emil, sapaan akrabnya, menuturkan, jembatan itu dibangun melalui program Jembatan Gantung Desa (Jantung Desa) pada 2019. Jembatan tersebut merupakan satu di antara 23 jembatan gantung yang dibangun di Jabar melalui program Jantung Desa.

"Menyeberang dengan rakit itu cukup berbahaya. Karena itu kami buatkan jembatan dengan program Jantung Desa," katanya.

Gian Zola Dikontrak Dua Tahun, Semangat Tinggi Musim Ini Lebih Fokus ke Sepak Bola

Penulis: Firman Wijaksana
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved