Disperindag Jabar Sudah Koordinasi dengan Bulog dan Daerah Penghasil Cabai untuk Turunkan Harga

Berdasarkan hasil pantauan jajaran Disperindag di 5 pasar di Jawa Barat, harga cabai merah berkisar antara Rp 50 ribu sampai Rp 60 ribu per kilogram

Tribun Jabar/Firman Wijaksana
Ilustrasi: Cabai di Pasar Ciawitali, Garut, Minggu (8/4/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, M Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat, Mohamad Arifin Soedjayana, mengatakan berdasarkan hasil pantauan jajarannya di lima pasar di Jawa Barat, harga cabai merah berkisar antara Rp 50 ribu sampai Rp 60 ribu per kilogram.

"Memang kata para pedagang harga cabai ini terus naik semenjak Natal dan Tahun Baru," kata Arifin melalui ponsel, Selasa (14/1/2020).

Untuk mengantisipasi lonjakan harga cabai tersebut, Arifin mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan dinas tanaman pangan dan hortikultura di kabupaten penghasil cabai di Jawa Barat.

Harga Cabai di Pasar Cihaurgeulis Bandung Naik, Pedagang Duga Gara-gara Hujan dan Banjir

Cabai Busuk Laris Manis di Pasar Baru Indramayu Gara-gara Harga Naik

"Kami berkoordinasi terkait daerah mana yang sedang panen dan ke mana distribusinya," kata Arifin yang kemudian menjelaskan dengan demikian distribusi pasokan cabai ini dapat diatur sehingga menurunkan harga cabai di pasaran.

Selama ini diketahui daerah penghasil cabai di Jawa Barat di antaranya di Kabupaten Garut, Tasikmalaya, Bandung, Cianjur, Bogor, Kuningan, dan Ciamis.

Menurut Arifin, pihaknya juga telah meminta Bulog agar bisa juga memasok cabai ke pasar yang mengalami kenaikan harga cabai agar harga tidak naik terus menerus. (Sam)

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved