Menjelang Pergantian Tahun, KBB Dikepung Banjir Bandang dan Longsor, Ini Data Lengkapnya

Sejumlah wilayah di Kabupaten Bandung Barat (KBB) dikepung banjir bandang dan bencana longsor

Menjelang Pergantian Tahun, KBB Dikepung Banjir Bandang dan Longsor, Ini Data Lengkapnya
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Mobil yang hanyut terbawa banjir bandang di Cimareme Indah. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, NGAMPRAH - Sejumlah wilayah di Kabupaten Bandung Barat (KBB) dikepung banjir bandang dan bencana longsor saat menjelang pergantian tahun, tepatnya setelah turun hujan deras, pada Selasa (31/12/2019), sore.

Berdasarkan data Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) KBB, banjir bandang menerjang Kecamatan Padalarang dan Kecamatan Ngamprah. Dari dua kecamatan tersebut, sedikitnya ada 7 desa yang terdampak banjir bandang dan satu desa di terjang longsor.

Di Kecamatan Ngamprah, banjir bandang menerjang sejumlah titik yakni di Desa Mekarsari, Cilame, Cimareme, Margajaya dan Desa Gado Bangkong di terjang longsor. Sedangkan di Kecamatan Padalarang, banjir menerjang, Desa Kertamulya, Cipeundeuy, dan Kertajaya.

Kepala Pelaksana BPBD KBB, mengatakan, akibat bencana banjir bandang dan longsor tersebut, sebanyak 462 KK atau 1.529 jiwa dan ada kelompok rentan yakni 52 balita terdampak dua bencana tersebut.

Hujan Menjelang Pergantian Tahun Bukan Hujan Biasa, Begini Analisis Pejabat BNPB

"Tim BPBD KBB dan aparatur kewilayahan telah melakukan assessment atau kaji cepat ke lokasi dampak bencana," ujarnya Duddy melalui keterangan tertulisnya, Rabu (1/1/2020).

Selain itu, kata dia, BPBD juga telah mendirikan tenda, tempat pengungsian dan posko kesehatan sebagai bentuk antisipasi adanya banjir dan longsor susulan di semua wilayah tersebut.

"Warga juga telah melaksanakan gotong royong untuk melakukan pembersihan material dan peralatan rumah tangga akibat dampak banjir," katanya.

Persib Harus Jor-joran di Bursa Transfer, Beli Pemain Top Sekalian, Kata Pengamat Sepak Bola

Berikut data lengkap sejumlah wilayah yang terdampak bencana banjir bandang dan bencana longsor :

KECAMATAN NGAMPRAH

Halaman
123
Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved