Ilmu dan Teknologi

Pertama di Asia, PUNA Pesawat Tanpa Awak Karya Anak Bangsa

Indonesia kembali mencatat sejarah dengan menciptakan pesawat tanpa awak. Konsorsium tujuh lembaga ini berhasil

Pertama di Asia, PUNA Pesawat Tanpa Awak Karya Anak Bangsa
tribunjabar/siti fatimah
Pesawat Udara Nir Awak (PUNA) jenis Medium Altitude Long Endurance (MALE) karya anak bangsa hasil konsorsium 7 lembaga dikenalkan pada acara Roll Out PUNA di Hanggar PTDI Bandung, Senin (30/12/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Fatimah

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Indonesia kembali mencatat sejarah dengan menciptakan pesawat tanpa awak. Konsorsium tujuh lembaga ini berhasil membuat Pesawat Udara Nir Awak (PUNA) jenis Medium Altitude Long Endurance (MALE).

PUNA mampu terbang terus menerus selama 24 jam merupakan wahana yang sangat diperlukan untuk membantu menjaga kedaulatan NKRI dari udara yang sangat efisien dan dapat mengurangi potensi kehilangan jiwa (tanpa pilot).

Direktur Utama PT DI, Elfien Goentoro mengatakan, kebutuhan pengawasan dari udara yang efisien terus bertambah seiring dengan meningkatnya ancaman daerah perbatasan, terorisme, penyelundupan, pembajakan, serta pencurian sumber daya alam seperti illegal logging dan illegal fishing.

Kasus Dugaan Suap Pengadaan Pesawat, Sidang Perdana Eks Dirut Garuda Indonesia Digelar Hari Ini

"Inisiasi pengembangan PUNA MALE telah dimulai oleh Balitbang Kemhan sejak tahun 2015 dengan melibatkan TNI, Ditjen Pothan Kemhan, BPPT, ITB, dan PT Dirgantara Indonesia (Persero).

Dimana disepakatinya rancangan kebutuhan dan tujuan (DR&O) yang akan dioperasikan oleh TNI khususnya TNI AU," katanya pada acara Roll Out PUNA di Hanggar PTDI Bandung, Senin (30/12/2019).

Diharapkan dengan kemandirian ini, maka PUNA MALE buatan Indonesia dapat mengisi kebutuhan squadron TNI AU untuk dapat mengawasi wilayah NKRI melalui wahana udara.

Selain itu kegiatan dapat menumbuhkambangkan industri dalam negeri yang sesuai dengan mandat Undang-Undang No.16 tahun 2012 tentang Industri Pertahanan.

Vonis Kepada Anak Bupati Majalengka Terkait Kasus Penembakan Kontraktor Dibacakan Hakim Hari Ini

Penulis: Siti Fatimah
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved