Kisah di SDN Jatimunggul 1 Indramayu, Murid Belajar Lesehan, Honor Guru Belum Dibayar

Sejumlah murid SDN Jatimunggul 1, Kabupaten Indramayu, masih belajar secara lesehan. Selain itu, honor guru di sekolah itu belum dibayar

Kisah di SDN Jatimunggul 1 Indramayu, Murid Belajar Lesehan, Honor Guru Belum Dibayar
tribunjabar/Handhika Rahman
Ruang Kelas Butut, Tak Ada Kursi, WC Pun Tak Berfungsi, Kondisi SDN Jatimunggul 1 Indramayu 

TRIBUNJABAR.ID, INDRAMAYU- Sejumlah murid SDN Jatimunggul 1, Kabupaten Indramayu, masih belajar secara lesehan karena kursi-kursi di sekolah mereka hanya cukup untuk sebagian siswa.

Itu pun kursi plastik, yang umumnya dipakai di warung tegal. Menurut Rohendi, guru honorer di SDN Jatimunggul 1, kursi-kursi plastik hijau muda itu dibeli secara patungan setahunan lalu oleh para orang tua murid.

"Idealnya memang pakai kursi kayu tapi ini juga alhamdulillah. Anak-anak setidaknya bisa belajar sambil duduk," ujar Rohendi saat ditemui di SDN Jatimunggul 1, Kamis (5/12/2019).

Ada 35 kursi plastik yang dibeli para orang tua dan disumbangkan ke SDN Jatimunggul 1. Jumlah itu, ujarnya, masih jauh dari mencukupi. Masih ada 28 murid kelas 2 yang tak kebagian sehingga terpaksa belajar di lantai.

"Saya juga bingung mau ngomong bagaimana. Kasihan anak-anak," ujarnya.

Selain kekurangan kursi belajar, SDN Jatimunggul 1 juga kekurangan guru. Rohendi, yang mengajar kelas 1, akhirnya juga mengajar kelas dua.

VIDEO-Ujiannya Lesehan di Lantai, Murid SDN Jatimunggul 1 Indramayu Ini Mengaku Sakit Perut

Ruang Kelas Butut, Tak Ada Kursi, WC Pun Tak Berfungsi, Kondisi SDN Jatimunggul 1 Indramayu

"Kelas 2 itu tidak ada gurunya, jadi kalau ngajar itu ya bolak-balik, dari kelas 1 ke kelas 2," ujar Rohendi, yang sudah empat bulan ini belum menerima honor. "Dari Agustus, September, Oktober, November."

Kelas 2, kata Rohendi, tak memiliki guru karena guru honorer yang sebelumnya bertugas di kelas 2 mengundurkan diri.

Selain dia, di SDN Jatimunggul 1, ada empat guru, yang semuanya PNS, dan seorang kepala sekolah.

Rohendi mengaku tidak mengetahui pasti kenapa honornya belum dibayar. Padahal, selain menjadi guru, Rohendi juga merangkap sebagai penjaga sekolah untuk menambah penghasilan.

Halaman
12
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved