DPRD Jabar Gelar Rapat Paripurna Penetapan APBD, Propemperda, dan Tata Tertib DPRD

Melalui Rapat Paripurna yang digelar pada Rabu (27/11/2019) malam, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat menyetujui APBD

DPRD Jabar Gelar Rapat Paripurna Penetapan APBD, Propemperda, dan Tata Tertib DPRD
Tribun Jabar/Syarif Pulloh Anwari
Melalui Rapat Paripurna yang digelar pada Rabu (27/11/2019) malam, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat menyetujui APBD Tahun 2020. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, M Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Melalui Rapat Paripurna yang digelar pada Rabu (27/11/2019) malam, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat menyetujui APBD Tahun 2020.

Dalam kesempatan yang sama DPRD Provinsi Jawa Barat menetapkan Tata Tertib DPRD dan Propemperda Tahun 2020.

Total 11 Raperda yang dituangkan pada Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) Tahun 2020. Sebelas Raperda tersebut terdiri dari 5 Raperda Hak Inisitif DPRD dan 6 Raperda usul gubernur.

Setelah membahas bersama Biro Hukum dan HAM Setda Jawa Barat, dan perangkat daerah pemrakarsa Raperda, serta berkonsultasi dengan pihak-pihak terkait, Bapemperda DPRD Provinsi Jawa Barat membagi 13 Raperda usul gubernur ke dalam 3 kategori prioritas (Prioritas I, II, dan III).

Ketiga kategori prioritas tersebut ditentukan berdasarkan, kelengkapan dokumen sebagai persyaratan pengajuan sebuah Raperda.

Raperda yang termasuk ke dalam kategori Prioritas I adalah Raperda yang dianggap telah memenuhi persyaratan dari segi kelengkapan dokumen.

BP Perda DPRD Jabar Konsultasikan 13 Usulan Raperda ke Kemendagri

Ridwan Kamil Sebut Pemprov Jabar Tarik Raperda Pendidikan Keagamaan, Bakal Diusulkan Jadi Pergub

Prioritas II adalah Raperda yang belum dilengkapi dengan data-data pelengkap seperti naskah akademik atau data-data lainnya sehingga belum memenuhi persyaratan untuk dapat diajukan menjadi suatu Raperda.

Kemudia Prioritas III adalah Raperda yang selain harus dilengkapi oleh dokumen kelengkapan seperti naskah akademik, juga harus disertai dengan data-data dari analisis investasi sehingga dapat diajukan menjadi suatu Raperda.

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Provinsi Jawa Barat Achdar Sudrajat berpendapat dari 13 usulan Raperda yang diusulkan oleh eksekutif seluruhnya memiliki nilai-nilai positif dan manfaat untuk kepentingan di Jabar.

Halaman
12
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved