Ridwan Kamil Berharap Tiga Raperda Segera Dijadikan Perda, Begini Alasannya

Ridwan Kamil berharap DPRD Jabar mempercepat pengesahan tiga Raperda, yakni terkait pelayanan kesehatan, pemukiman, dan pendidikan keagamaan.

Ridwan Kamil Berharap Tiga Raperda Segera Dijadikan Perda, Begini Alasannya
Tribun Jabar/Muhammad Syarif Abdussalam
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat diwawancara, Jumat (17/5/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, M Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Gubenur Jawa Barat Ridwan Kamil berharap Dewan Pimpinan Rakyat Daerah (DPRD) Jabar mempercepat proses pengesahan tiga Rancangan Peraturan Daerah ( Raperda), yakni terkait pelayanan kesehatan, pemukiman, dan pendidikan keagamaan.

Hal tersebut disampaikan gubernur yang akrab disapa Emil ini menyusul pembentukkan Panitia Khusus (Pansus) II,III, dan IV, di Gedung DPRD Jabar, Kota Bandung, Senin (24/6/2019).

"Saya kira semakin cepat semakin baik ya, karena semakin cepat perda hadir, maka rakyat makin cepat merasakan. Kuncinya kenapa harus cepat, supaya bisa dianggarkan," ujar Ridwan Kamil seusai sidang tersebut.

Menurut Emil, tanpa perda, maka tidak akan ada dasar hukum yang mengikat mengenai penganggaran.

Sementara penganggaran tersebut harus segera direalisasikan untuk meningkatkan sejumlah inovasi yang bakal diwujudkan untuk masyarkat

"Karena anggarannya tidak ada, dasar hukum yang mengikat masih pakai usulan-usulan informal saja," katanya.

Emil mengaku tiga Raperda yang sedang menjadi bahasan, yaitu pelayanan kesehatan, pemukiman, dan pendidikan keagamaan, harus dipercepat. Sebab, ketiga sektor tersebut belum berlangsung optimal di Jabar.

Lindungi Eksistensi Pasar Tradisonal, DPRD Jabar Inisiasi Raperda Pusat Pasar Distribusi

"Pertama adalah pelayanan kesehatan, masih banyak komplain-komplain masih banyak rasio dokter kurang. Orang yang mendaftar ASN dari kedokteran juga makin sedikit dan lain-lain," ungkapnya.

Emil mengatakan sekitar 50 persen hal yang dibahas dalam Raperda Penyelenggaraan Kesehatan merupakan masalah baru dalam bidang kesehatan salah satunya ialah membahas tentang permasalahan kesehatan mental.

Halaman
12
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved