Dosen Unpad Nilai Langkah Banding yang Diambil Wali Kota Bandung Soal Sekda Sudah Tepat

Dosen Ilmu Pemerintahan FISIP Unpad, Idil Akbar mengatakan terkait dikabulkannya gugatan Benny Bachtiar

Dosen Unpad Nilai Langkah Banding yang Diambil Wali Kota Bandung Soal Sekda Sudah Tepat
Kolase Tribun Jabar
Oded M Danial dan Ema Sumarna 

TRIBUNJABAR.ID - Dosen Ilmu Pemerintahan FISIP Unpad, Idil Akbar mengatakan terkait dikabulkannya gugatan Benny Bachtiar oleh PTUN Bandung soal jabatan sekda seyogyanya persoalan dikembalikan kepada mekanisme dan aturan yang ada.

Menurut Idil Akbar, putusan ini masih memungkinkan untuk dilakukan upaya banding sehingga akan bijaksana jika pihak penggugat maupun tergugat menunggu putusan hukum secara inkrah atas putusan yang sudah dikeluarkan oleh PTUN saat ini.

"Saya juga menilai bukan persoalan putusan semata tapi yang juga harus dipikirkan adalah konsekuensi politik dan kebijakan dalam penyelenggaraan pemerintahan di Kota Bandung," kata Idil Akbar di Bandung, Sabtu (19/10/2019).

Menurut Idil Akbar, langkah Benny menggugat bisa saja dilakukan dan dipersilakan oleh UU. Namun jika langkah itu hanya karena masalah jabatan, kata Idil Akbar, apakah itu tidak menciptakan persepsi negatif dari masyarakat.

Jalan Bergelombang Bikin Jalan Jakarta Tetap Macet, Jembatan Layang Sedang Dibangun

"Kemudian, jika persoalan polemik sekda ini terus dipersoalkan, apakah tidak akan mengganggu stabilitas penyelenggaraan pemerintahan di Kota Bandung? Padahal pemerintahan sudah setahun berjalan. Saya pikir ada kepentingan yang lebih substantif yakni kepentingan masyarakat yang lebih penting daripada sekadar memperebutkan jabatan," kata Idil Akbar.

Idil Akbar mengatakan, terkait masalah stabilitas penyelenggaraan pemerintahan, bahwa penting ada interaksi dan hubungan baik antara kepala daerah dengan sekda.

Jika kembali ke persoalan aturan, lanjut Idil Akbar, maka sebagai user dan pimpinan tertinggi di Kota Bandung, Oded M Danial merasa perlu menempatkan orang yang bisa diajak bekerjasama, mampu berinteraksi dengan baik dan paling penting tidak membangun petakonflik dengan dirinya.

"Saya pikir kekhawatiran kenapa Benny tidak kemudian diangkat sebagai Sekda Kota Bandung oleh Oded cukup beralasan," kata Idil Akbar.

Pendiam, Pulang Sebulan Sekali, dan Jarang Keluar Rumah, Sosok Terduga Teroris di Kota Cirebon

Menurut Idil Akbar, langkah Wali Kota Bandung Oded M Danial dengan mengajukan banding pun bisa dibaca sebagai cara Oded sebagai wali kota Bandung mengantisipasi kekhawatiran  itu terjadi.

Dengan demikian, lanjut Idil Akbar, langkah hukum banding itu perlu dihormati oleh semua pihak, agar semua tetap memandang persoalan ini secara proporsional dan profesional.

Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved