Ariel Tatum Idap Borderline Personality Disorder, Apa Itu? Begini Penjelasan dan Ciri-cirinya

Ariel Tatum baru-baru ini mengaku mengidap penyakit mental Borderline Personality Disorder. Ia pun mengaku sempat ingin bunuh diri.

Ariel Tatum Idap Borderline Personality Disorder, Apa Itu? Begini Penjelasan dan Ciri-cirinya
Instagram @arieltatum
Ariel Tatum 

TRIBUNJABAR.ID - Ariel Tatum baru-baru ini mengaku mengidap penyakit mental Borderline Personality Disorder. Ia pun mengaku sempat ingin bunuh diri.

Ia pun sempat hilang dari dunia hiburan. Dilansir dari Kompas.com, Ariel Tatum ternyata sedang fokus memperbaiki kesehatan mentalnya.

Penyakit mental ini yang menyebabkan dirinya sulit untuk berkegiatan dan menjalin hubungan dengan orang lain.

Ternyata Aktris Ariel Tatum Menderita Penyakit Mental Borderline Personality Disorder Sejak Remaja

Lantas, apa itu Borderline Personality Disorder (BPD)?

Dokter spesialis kejiwaan Gina Anindyajati mengatakan, Borderline Personality Disorder (Gangguan Kepribadian Ambang) merupakan salah satu diagnosis gangguan jiwa.

Menurut Gina, gangguan kepribadian adalah suatu pola dari pengalaman internal dan perilaku yang terus menerus ditunjukkan, tampak sebagai pikiran, perasaan, hubungan interpersonal, serta kendali impuls seseorang dalam kehidupan sehari-harinya.

"Adapun pola ini menunjukkan deviasi yang bermakna dari norma budaya yang berlaku serta ekspektasi masyarakat pada umumnya," kata Gina kepada Kompas.com, Sabtu (19/10/2019).

Gina mengatakan, untuk bisa disebut sebagai gangguan, maka sifatnya harus pervasif (menetap) dan infleksibel (sulit berubah), stabil sepanjang waktu (bukan sesuatu yang episodik atau hilang timbul), serta menimbulkan penderitaan dan kesulitan dalam menjalankan fungsi kehidupan.

"Secara umum, orang dengan gangguan kepribadian ambang menunjukkan masalah dalam mengendalikan impuls (dorongan bertindak) dan regulasi emosi," kata Gina.

Halaman
1234
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved