Prof Dr Rina Indiastuti Resmi Dilantik Jadi Rektor Unpad, Ini Langkah Awal yang Bakal Dilakukannya

Prof Dr Rina Indiastuti resmi dilantik menjadi rektor Universitas Padjadjaran (Unpad) periode 2019-2024

Prof Dr Rina Indiastuti Resmi Dilantik Jadi Rektor Unpad, Ini Langkah Awal yang Bakal Dilakukannya
Tribunjabar/Syarif Abdussalam
Pelantikan Rektor Unpad 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Prof Dr Rina Indiastuti resmi dilantik menjadi rektor Universitas Padjadjaran (Unpad) periode 2019-2024 oleh Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Unpad, Rudiantara, di Graha Sanusi Hardjadinata Kampus Unpad Kota Bandung, Senin (7/10/2019). Rina Indiastuti merupakan perempuan pertama yang menjabat sebagai Rektor Unpad.

Dalam sambutannya, Rudiantara yang merupakan Menteri Komunikasi dan Informatika RI ini mengucapkan terima kasih kepada semua pihak karena setelah melalui proses yang panjang dan melelahkan, pihaknya bisa melakukan pelantikan rektor Unpad yang baru.

"Alasan diulang (proses pemilihan rektor Unpad) satu-satunya hanya masalah (good) governance bagaimama prosesnya agar lebih transparan, adil, akuntabel bagi semua stakeholder maupun ekosistem Unpad," katanya.

Rudiantara mengatakan pada proses terakhirnya, ada sembilan calon rektor yang disaring oleh senat akademik hingga akhirnya menghasilkan enam calon. Rudiantara mengatakan banyak yang menghubunginya untuk bertanya proses tersebut.

Di Tengah Gempuran Camilan Kekinian, Surabi Tetap Jadi Incaran, Rasa Tradisional Digandrungi

"Dan yang dipilih adalah yang cocok membawa Unpad lima tahun ke depan. Pemilihan kemarin buat aklamasi. Aklamasinya kita mufakat, kita mufakat dulu baru bermusyawarah mufakat," katanya.

Sebelumnya berdasarkan surat perintah Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir, Rina menjabat sebagai Pelaksana Tugas Rektor Unpad mulai 15 April 2019.

Adapun dalam pemilihan rektor ini, tahapan-tahapan penyaringan yang telah dilalui rektor terpilih berupa pemaparan gagasan di hadapan civitas academica, tenaga kependidikan, alumni, masyarakat, serta anggota Senat Akademik Unpad.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menuturkan gagasannya untuk membangun Pusat Studi Jawa Barat atau Study Center of West Java. Dengan itu, Emil berharap informasi terkait Jawa Barat bisa diakses dari satu pintu. Selain itu, Emil pun berharap civitas academica Unpad akan terus bersinergi bersama Pemerintah Provinsi untuk membangun Jabar.

Polres Cirebon Luncurkan EPS, Buat Bikin SIM Bayarnya Bisa Gunakan Link Aja dan Gopay

"Unpad juga agar kerja sama dengan Jabar itu lebih terstruktur. Sekarang itu susah, dimana ngapain engga jelas. Sekarang rektor baru kita bikin Study Center of West Java, semua riset problemnya Jabar itu dititipkan ke fakultas-fakultas, itu pintunya satu," katanya.

Halaman
12
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved