Deteksi Dini Penyakit Jantung Bawaan Sejak Bayi dalam Kandungan

RS Santosa Bandung Central memiliki tim khusus yang bisa melayani ibu hamil yang berisiko mengandung bayi yang memiliki penyakit jantung bawaan.

Deteksi Dini Penyakit Jantung Bawaan Sejak Bayi dalam Kandungan
Istimewa
Deteksi Dini Penyakit Jantung Bawaan Sejak Bayi dalam Kandungan 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Fatimah

TRIBUNJABAR.ID - PENYAKIT jantung bawaan, penyakit ini mungkin sudah banyak diketahui masyarakat.

Namun bisa jadi tidak semua masyarakat tahu bahwa penyakit ini bisa diketahui sedini mungkin saat bayi masih dalam kandungan atau berupa janin.

Deteksi sedini mungkin untuk kemungkinan bayi menderita penyakit jantung bawaan sejak lahir atau minimal bisa segera ditangani agar bayi lahir dalam kondisi sehat dan terhindar dari gejala-gejala yang menyertai bayi akibat menderita penyakit jantung bawaan tersebut.

Rumah Sakit Santosa Bandung Central atau Santosa Hospital Bandung Central, memiliki tim khusus yang bisa membantu atau melayani pasien dalam hal ini ibu hamil yang beresiko mengandung bayi yang memiliki penyakit jantung bawaan.

Untuk mendeteksi janin yang beresiko menderita penyakit jantung bawaan melalui pemeriksaan yang dikenal dengan istilah fetal echocardiography atau fetal echo.

Ibu hamil yang melakukan pemeriksaan fetal echo tersebut. Dari pemeriksaan ini bisa dilihat atau diketahui apakah struktur jantung janin baik dan bekerja dengan benar.

Selain itu, bisa diketahui juga aliran darah melalui jantung. "Untuk pemeriksaan ini dilakukan dengan tim baik dari dokter kandungan, juga dokter spesialis jantung," katanya.

Bagi ibu hamil yang ingin memeriksakan janin atau bayinya, baru bisa dilakukan pada trimester kedua kehamilan, yakni pada minggu ke-18 hingga ke-24.

Pada usia kehamilan tersebut sudah bisa dilakukan pemeriksaan dengan teknik fetal echo.

Halaman
123
Penulis: Siti Fatimah
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved