Catat Tanggalnya! Oktober Ini Indramayu Akan Pecahkan Rekor MURI Dodol Gincu Terpanjang di Dunia

Pemkab Indramayu mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut berpatisipasi memeriahkan pemecahan rekor (MURI) pembuatan dodol mangga gedong gincu

Catat Tanggalnya! Oktober Ini Indramayu Akan Pecahkan Rekor MURI Dodol Gincu Terpanjang di Dunia
Tribun Jabar/Handhika Rahman
Rapat pemantapan jelang pelaksanaan HPS ke-39 tingkat Provinsi Jawa Barat di Aula DKP Kabupaten Indramayu, Senin (30/9/2019). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com,  Handhika Rahman

TRIBUNJABAR.ID, INDRAMAYU - Pemerintah Kabupaten Indramayu mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut berpatisipasi memeriahkan pemecahan Rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) pembuatan dodol Mangga Gedong Gincu terpanjang di dunia.

Kegiatan tersebut akan dilaksanakan di Lapangan Atletik Sport Center Indramayu pada 2-4 Oktober 2019 mendatang.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Indramayu, Erpin Marpinda mengatakan, pemecahan Rekor MURI ini sekaligus memperingati Hari Pangan Sedunia (HPS)  Ke-39 tingkat Provinsi Jawa Barat.

"Nanti kita akan buat dodol mangga gedong gincu terpanjang di dunia. Panjangnya sampai 120 meter," ujar dia, Senin (30/9/2019).

Gelar Doa Bersama Meninggalnya Randy, Mahasiswa Indramayu Desak Polisi Usut Pelaku Penembakan

Langit Malam Tugu Perjuangan Menjadi Saksi Duka Mahasiswa Indramayu Atas Meninggalnya Randi

Erpin Marpinda menyampaikan, berbagai persiapan sudah pihaknya siapkan guna mensukseskan kegiatan tersebut.

Termasuk, kegiatan-kegiatan lain, seperti  anugerah pangan, aneka perlombaan, panggung hiburan, dan lain-lain.

Tidak hanya itu, dalam kegiatan nanti juga akan ada pameran indoor dan outdoor, makan sehat dan icip-icip pangan lokal Indramayu.

Lanjut dia, lomba cipta menu pangan lokal non beras non terigu, lomba stand terbaik, lomba penyajian mangga gedong gincu, lomba beras PUPM terbaik, bazar dan kuliner,  gelar produk pangan olahan UKM.

"Akan ada juga live music performance, gelar seni budaya Indramayu dan Provinsi Jawa Barat, presentasi/demo produk, dan tour," ucapnya.

Sementara itu, Erpin Marpinda menjelaskan, HPS adalah hari yang selalu diperingati oleh negara-negara di dunia, termasuk Indonesia.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kelaparan dan kekurangan gizi di dunia.

Selain itu, diperingatinya HPS juga sebagai upaya terciptanya sistem pangan global yang efektif serta terjaminnya keamanan pangan dan makanan bergizi.

“Dalam peringatan HPS nanti rencananya juga akan dihadiri oleh Pak Gubernur, perwakian Bupati se Jabar, dan perwakilan Kementerian,” ujar dia.

Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved