TACB Indramayu Tawarkan Opsi Gedung Eks Landraad Jadi Museum Daerah, tapi Syaratnya Begini

Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kabupaten Indramayu menawarkan opsi renovasi Gedung Eks Landraad

TACB Indramayu Tawarkan Opsi Gedung Eks Landraad Jadi Museum Daerah, tapi Syaratnya Begini
istimewa
Para budayawan Kabupaten Indramayu saat melakukan penggalangan petisi bertandatangan di Museum Bandar Cimanuk Indramayu, Sabtu (21/9/2019) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Handhika Rahman

TRIBUNJABAR.ID, INDRAMAYU - Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kabupaten Indramayu menawarkan opsi renovasi Gedung Eks Landraad Indramayu sebaiknya menjadi museum daerah.

Ketua TACB Kabupaten Indramayu, Dedy S Musashi mengatakan, pihaknya sangat mendukung jika Pemerintah Kabupaten Indramayu mengurungkan niatnya untuk membongkar Gedung Eks Landraat yang semula akan dibangun Kantor Setda Indramayu menjadi museum daerah.

"Kita memberikan solusi untuk Gedung Eks Landraad itu lebih baik dimanfaatkan oleh Pemkab Indramayu untuk dijadikan museum saja," ujar dia saat ditemui Tribuncirebon.com di Museum Bandar Cimanuk, Minggu (22/9/2019).

Dijelaskan dia, hingga sekarang Kabupaten Indramayu belum memiliki museum daerahnya sendiri, sehingga akan lebih baik jika Gedung Eks Landraat ini direnovasi menjadi museum.

Namun dengan catatan, renovasi Gedung Eks Landraat ini tidak boleh mengubah bentuk awal dari Eks Gedung Pengadilan Negeri era kolonial Belanda tersebut.

Jika Dilaporkan Suaminya, Rj Pemeran Video Mesum Bisa Dijerat Pasal Perzinahan dan Perselingkuhan

Dijelaskan dia karena, Gedung Eks Landraat ini adalah salah satu bukti dari catatan sejarah Kabupaten Indramayu di sama lalu yang harus tetap dilindungi keasliannya.

"Kita juga sudah melakukan penandatangan petisi penolakan pembongkaran Gedung Eks Landraad sebagai upaya perlindungan," ujar dia.

Di tempat yang sama, Ketua Yayasan Indramayu Historia Nang Sadewo menambahkan, rencana pemerintah Kabupaten Indramayu yang berniat membongkar Gedung Eks Landraat untuk meningkatkan kinerja pemerintah dengan membangun sebuah Gedung Setda bukan rencana yang tepat.

Ia menilai, dengan cara pembangunan tersebut sama halnya dengan pemerintah ingin menghilangkan jejak sejarah yang ada di Kabupaten Indramayu.

Halaman
12
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved