Angkot ber-AC di Ciamis Tak Beroperasi Optimal, Sopir Mengeluh: AC Dihidupkan BBM Jadi Boros

Keberadaan angkot ber-AC (penyejuk udara) di Kabupaten Ciamis yang diluncurkan dalam rangka Hari Perhubungan Nasional, Selasa (17/9/2019), terancam ma

Angkot ber-AC di Ciamis Tak Beroperasi Optimal, Sopir Mengeluh: AC Dihidupkan BBM Jadi Boros
Tribun Jabar/Andri M Dani
Angkot ber-AC mulai beroperasi di Ciamis. Ada lima angkot ber-AC yang dilaunching oleh Bupati Ciamis DR H Herdiat Sunarya MM usai peringatan Hari Perhubungan Nasional di halaman Pendopo Ciamis, Selasa (17/9) pagi 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M  Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – Keberadaan angkot ber-AC (penyejuk udara) di Kabupaten Ciamis yang diluncurkan dalam rangka Hari Perhubungan Nasional, Selasa (17/9/2019), terancam mati suri.

Padahal, angkot ber-AC itu belum seminggu beroperasi.

Tribun Jabar yang mencoba naik angkot ber-AC, Kamis (19/9/2019), menemukan fakta bahwa kondisi angkot ber-AC tidak jauh berbeda dengan angkot biasa.

Tidak ada udara sejuk. Pintu dan jendela angkot ber-AC dibiarkan menganga.

Belum Sepekan, Keberadaan Angkot ber-AC di Kabupaten Ciamis Terancam Mati Suri

Yang membedakan kondisi angkotnya, lebih bersih serta ada alat pemadam kebakaran ringan (APAR) yang terpasang dekat pintu samping jok pengemudi. Lalu ada tempat sampah di ujung lorong bangku penumpang.

Perbedaan lainnya yaitu tulisan AC di kaca depan dan belakang angkot.

“Cukup repot, Pak. Kalau AC-nya dihidupin, BBM-nya boros,” ujar seorang pengemudi angkot ber-AC yang enggan disebutkan namanya, kemarin.

Lebih repot lagi katanya, kalau AC dihidupkan, pintu harus ditutup. Ketika ada penumpang naik dan turun, pintu harus dibuka-tutup.

Angkot ber-AC mulai beroperasi di Ciamis. Ada lima angkot ber-AC yang dilaunching oleh Bupati Ciamis DR H Herdiat Sunarya MM usai peringatan Hari Perhubungan Nasional di halaman Pendopo Ciamis, Selasa (17/9) pagi
Angkot ber-AC mulai beroperasi di Ciamis. Ada lima angkot ber-AC yang dilaunching oleh Bupati Ciamis DR H Herdiat Sunarya MM usai peringatan Hari Perhubungan Nasional di halaman Pendopo Ciamis, Selasa (17/9) pagi (Tribun Jabar/Andri M Dani)

Yanti, Sopir Angkot yang Selalu Bawa Bayinya Mengaku Sudah Lelah: Saya Juga Ingin Seperti Ibu Lain

Ketika penumpang mau bayar ongkos kaca jendela harus dibuka.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Organda Ciamis bekerja sama dengan Pemkab Ciamis meluncurkan lima angkot ber-AC.

Peluncuran itu sebagai uji coba untuk meningkatkan pelayanan kepada penumpang umum.

Dari lima angkot yang terpilih jadi percontohan angkot ber-AC tersebut, menurut Sekretaris DPC Organda Ciamis, R Ekky Bratakusumah, yakni angkot trayek 01, trayek 02-B, trayek 06, trayek 07 dan trayek 23.

Akibat Senggolan di Jalan, Boncel Bacok Sopir Angkot di Garut

Masing-masing trayek hanya diujicobakan untuk satu unit angkot saja.

“Fasilitas dan kenyamanan itulah yang membedakan angkot ber-AC dengan angkot umum lainnya. Sementara untuk menaikkan dan menurunkan penumpang tak ada yang berubah, tetap seperti lazimnya angkot. Hanya saja sopir dan penumpang tak boleh merokok ,” ujar Ekky, belum lama ini.

Penulis: Andri M Dani
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved