Peringati Hari Jadi ke-209 Kota Bandung, Warga Cisaranten Wetan Gelar Kerja Bakti

Dalam rangka menyambut hari jadi ke-209 Kota Bandung, sejumlah warga di Kelurahan Cisaranten Wetan, Kecamatan Cinambo, mengikuti kerja bakti

Peringati Hari Jadi ke-209 Kota Bandung, Warga Cisaranten Wetan Gelar Kerja Bakti
Tribun Jabar/Cipta Permana
Dalam rangka menyambut hari jadi ke-209 Kota Bandung, sejumlah warga di Kelurahan Cisaranten Wetan, Kecamatan Cinambo, mengikuti kerja bakti di Taman Cinambo Wisata (Cinta), Minggu (15/9/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Dalam rangka menyambut hari jadi ke-209 Kota Bandung, sejumlah warga di Kelurahan Cisaranten Wetan, Kecamatan Cinambo, mengikuti kerja bakti di Taman Cinambo Wisata (Cinta), Minggu (15/9/2019).

Bermodal arit, bedog, pengki, cangkul, dan alat kebersihan lainnya, mereka bahu-membahu menyingkirkan tiap sampah yang berserakan. Mereka memangkas rumput yang tumbuh subur di bantaran Sungai Cihalupang.

Kerja bakti merupakan rangkaian acara Beresih Bandung Jilid 2 yang melibatkan sejumlah personel dari kepolisian, TNI, lembaga pemberdayaan masyarakat (LPM), dan warga.

Ketua LPM Kelurahan Cisaranten Wetan, Iwan Mulyadi, menyebut kerja bakti bertemakan peduli taman dan 100% Open Defecation Free (ODF) ini akan serentak digelar di 30 Kecamatan dan 151 kelurahan se-Kota Bandung pada 21 September mendatang.

"Selain itu, acara hari ini juga merupakan perwujudan dari agenda BBGRM (Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat). Aksi ini, alhamudillah melibatkan lebih dari 400 peserta, yang semua ikut andil dalam kegiatan beresih Bandung Jilid 2 di tiap wilayah 26 RT dan enam RW masing-masing," ujarnya saat ditemui di sela kegiatan di Taman Cinta, Kelurahan Cisaranten Wetan, Kota Bandung, Minggu (15/9/2019).

46 Perusahaan Disegel, Diduga sebagai Penyebab Kebakaran Hutan dan Lahan

Dikira Batang Kayu Terapung, Ternyata Nelayan yang 2 Hari Hilang Dihantam Ombak di Halmahera Barat

Iwan menuturkan, sebagai wujud rasa syukur dan menggalang kebersamaan antarwarga di Kelurahan Cisaranten Wetan,  warga diajak makan siang bersama atau botram selepas kegiatan kerja bakti di Taman Cinta dan wilayah masing-masing.

Hal senada disampaikan oleh, Ketua Forum kecamatan sehat Cinambo, Ate Supriatna.

Menurutnya, presentase ODF di Kota Bandung saat ini merupakan salah satu yang terburuk di Jawa Barat, yakni urutan ke 24 dari 27 kabupaten/kota di Jawa Barat serta angka stunting mencapai 28 persen.

"Melihat kondisi tersebut, maka kami berupaya bersama-sama berkolaborasi seluruh LPM untuk melaksanakan kegiatan BBGRM yang dilaksanakan di wilayah Cisaranten Wetan. Hanya dengan peran serta seluruh unsur masyarakat bersama pemerintahlah target 100 persen Kota Bandung bisa tercapai," ucapnya di lokasi yang sama.

Halaman
12
Penulis: Cipta Permana
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved