Meski Sudah Merintis Bisnis Lele, Turini Mengaku Tak Bisa Lupa Perlakuan Kejam di Arab Saudi

Turini (51), mantan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kampung Truag, Desa Dawuan, Kecamatan Tengah Tani,

Meski Sudah Merintis Bisnis Lele, Turini Mengaku Tak Bisa Lupa Perlakuan Kejam di Arab Saudi
hakim baihaqi/tribun jabar
Turini, TKI yang 21 tahun bekerja di Arab Saudi kini berusaha membuka usaha, menjadi peternak lele. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Turini (51), mantan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kampung Truag, Desa Dawuan, Kecamatan Tengah Tani, Kabupaten Cirebon, kembali menginjakkan kakinya di tanah air. Ia pun saat ini sedang memulai usaha bisnis ikan lele.

Meskipun telah kembali ke tanah air, rasa trauma masih dirasakan oleh Turini, karena selama 21 tahun bekerja di Arab Saudi, ia mendapat perlakuan tidak menyenangkan, mulai dari disekap, tidak diberi gaji, hingga kekerasan verbal.

Turini mengatakan, saat tengah melamun atau posisi sendiri, hal tidak mengenakan selama 21 tahun di Arab Saudi tersebut kerap kali membuat ia menetaskan air mata‎.

"Waktu di Arab tidak bisa keluar, tidak digaji, dicaci maki. Pikiran itu yang buat saya sampai sekarang masih nangis, intinya pikiran dan hati saya sakit," kata Turini saat ditemui di Setu Patok, Desa Setu Patok, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Minggu (8/9/2019).

Turini menuturkan, pada waktu itu ada seorang tetangga yang memberikan bingkisan makanan, namun saat hendak menerima makanan tersebut, ia langsung dicaci maki karena alasan pembantu tidak boleh keluar sedikit pun.

Lambang KPK Ditutup Kain Hitam, Saut Situmorang Sebut KPK Tak Pernah Takut

Lebih parahnya, kata Turini, ia mendapatkan kabar pada 2012 bahwa ayah kandungnya meninggal dunia, namun majikannya tersebut tidak memperbolehkan pulang ke Indonesia.

"Awalnya mau diurusin surat buat pulang, tapi pas ngomong kedua kalinya malah disentak tidak boleh pulang, sudah berpikiran ingin mati saja," katanya.

Untuk mencari penghidupan setelah menjadi tenaga kerja wanita (TKW), bermodalkan uang gaji yang didapatkan selama 21 tahun bekerja di Arab Saudi, Turini berniat untuk membuka usaha kecil, nantinya akan dijalankan bersama suami dan anaknya‎.

Ditemui di Taman Siwalk, Setu Patok, Desa Setupatok, Keca‎matan Mundu, Kabupaten Cirebon, Turini bercerita, kalau ia dan suaminya, diberikan pinjam lahan bekas kolam ikan di Taman Siwalk untuk memulai usahanya.

Halaman
123
Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Ichsan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved